Sukses


8 Tim Italia Bisa Tampil di Kompetisi Eropa Musim Depan, Begini Skenarionya

Bola.com, Jakarta - Klub-klub Liga Italia mulai banyak bicara di pentas kompetisi Eropa saat ini. Bisa dilihat dengan kehadiran Inter Milan, AS Roma, dan Fiorentina di tiga level berbeda kompetisi Eropa.

Inter Milan akan menantang Manchester City di final Liga Champions. AS Roma bersua Sevilla di final Liga Europa, dan Fiorentina bertemu West Ham di final UEFA Conference League.

Sementara klub-klub Liga Italia masih menyisakan dua dan tiga pertandingan untuk menyelesaikan musim 2022/2023. Namun ada hal yang menarik adalah skenario tim Italia yang bisa tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Faktanya, saat ini ada enam tim yang terlibat untuk memperebutkan tiga tempat di Liga Champions musim depan, selain Napoli yang sudah menyegel juara Liga Italia.

Lantas bagaimana skenarionya jika tiga tim yang saat ini ada di final kompetisi Eropa meraih kesuksesan? Akan ada berapa wakil Italia di kompetisi Eropa musim depan?

2 dari 5 halaman

Balapan dengan Sengit

Saat ini enam tim teratas Serie A diduduki oleh Napoli (86 poin), Juventus (69), Lazio (68), Inter Milan (66), AC Milan (64), dan Atalanta (61). Empat tim teratas akan mendapat jatah ke Liga Champions.

Peringkat kelima tampil di Liga Europa, dan posisi keenam berhak bermain di Conference League. Tapi AS Roma yang untuk sementara ada di urutan ketujuh bisa ikut tampil di Liga Champions musim depan, jika berhasil menjuarai Liga Europa.

Hal itu akan berpengaruh pada perebutan empat besar di kompetisi domestik, mengingat siapa yang menjuarai Liga Champions dan Liga Europa otomatis akan bermain di Liga Champions edisi berikutnya. Sedangkan jika Fiorentina menjuarai Conference League bakal bermain di Liga Europa tahun depan.

3 dari 5 halaman

Skenario Lain

Melansir CBS, ada beberapa aturan dasar untuk menentukan kualifikasi kejuaraan Eropa. Tim peringkat ketujuh di liga Italia bisa lolos ke Conference League dengan catatan Inter Milan memenangkan final Coppa Italia.

Tetapi jika Fiorentina memenangkan kompetisi tersebut, mereka akan lolos ke Liga Europa dan dalam hal ini, peringkat keenam di liga akan tampil untuk ajang UEFA Conference League.

Ada juga skenario di mana tim urutan keempat tidak akan bermain di Liga Champions musim depan, tapi kemungkinannya sangat kecil. Agar hal itu terjadi baik Inter maupun AS Roma harus menjuarai kompetisi Eropa dan tidak berakhir di empat besar Serie A musim ini.

4 dari 5 halaman

Kans 8 Tim ke Eropa

Ada satu skenario menarik di mana Italia akan mendapatkan tim tambahan. Jika Roma finis di luar empat besar, tetapi memenangkan Liga Europa, mereka akan lolos ke Liga Champions.

Berarti akan ada lima wakil Serie A di Liga Champions musim depan. Kemudian, jika Fiorentina memenangkan Conference League tetapi gagal memenangkan final Coppa Italia, mereka akan lolos ke Liga Europa, dan membuat tim di peringkat tertinggi di bawah tim yang sudah memastikan lolos akan bermain mendapatkan jatah ke Conference League.

Jika skenario itu terjadi, maka Atalanta akan berhak mendapat tiket ke Conference League. La Dea kini berada di posisi keenam Serie A dengan 61 poin dari 36 pertandinan.

Delapan Tim Italia yang bisa saja tampil di Eropa musim depan:

  1. Napoli
  2. Juventus
  3. Lazio
  4. Inter Milan
  5. AC Milan
  6. AS Roma
  7. Fiorentina
  8. Atalanta

Sumber: CBS

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan di Serie A Musim Ini

Video Populer

Foto Populer