Sukses


Stefano Pioli Akui AC Milan Tak Cukup Kuat Bersaing di Liga Italia dan Liga Champions

Bola.com, Milan - AC Milan gagal meraih satu pun gelar juara pada musim 2022/2023. Pelatih Milan, Stefano Pioli, mengakui timnya tak cukup kuat untuk bersaing meraih trofi, terutama di Serie A dan Liga Champions.

Performa AC Milan pada musim ini terbilang oke. I Rossoneri tampil mengejutkan di Liga Champions dengan berhasil menembus semifinal.

Sayangnya, mereka gagal menembus partai puncak. Langkah AC Milan terhenti pada babak empat besar, karena kalah agregat 0-3 dari Inter Milan.

Adapun di Serie A, mereka sukses finis di urutan keempat klasemen Serie A dengan nilai 67, unggul lima poin atas Atalanta di peringkat kelima.

Keberhasilan AC Milan meraih satu tempat di zona Liga Champions berkat kemenangan 1-0 atas Juventus pada laga pekan ke-37 Serie A di Allianz Stadium, Senin (29/5/2023) dini hari WIB.

 

2 dari 5 halaman

Masih Kurang

Stefano Pioli mengaku cukup senang dengan penampilan AC Milan pada musim ini. Namun, pelatih asal Italia tersebut tak menampik jika Milan masih kurang kuat untuk bisa bersaing di dua kompetisi penting.

"Ini adalah pertama kalinya kami benar-benar mencoba untuk menjadi kompetitif di dua turnamen, Liga Champions dan Serie A, dan kami kurang di suatu tempat, itu benar," ujar Pioli.

 

3 dari 5 halaman

Diremehkan di Liga Champions

Pernyataan Pioli tersebut cukup masuk akal meskipun AC Milan berakhir tanpa gelar musim ini. Terlebih AC Milan sempat diremehkan di awal bergulirnya Liga Champions 2022/2023.

Namun, Pioli membuktikan jika AC Milan masih sangat kompetitif meskipun berbekal pemain seadanya. Dalam perjalanannya, Milan bahkan mampu menyingkirkan Tottenham Hotspur hingga Napoli.

"Jelas, Liga Champions memberi kami lebih dari yang kami harapkan, dan kemudian kami merasa sedih harus tersingkir di semifinal melawan Inter. Tetapi perjalanan kami di sana lebih dari yang dilihat siapa pun," tegas Pioli.

 

4 dari 5 halaman

Kembali ke Papan Atas

Di Serie A, AC Milan juga kembali menjadi tim langganan papan atas. Bersama Pioli, AC Milan selalu sukses berada di zona Liga Champions dalam tiga musim terakhir.

Pioli bahkan mampu membawa AC Milan juara Serie A musim lalu dan runner-up pada musim 2020/2021. Pencapaian tersebut tentu dianggap cukup berhasil, terlebih Milan tak mampu menembus Liga Champions selama delapan musim sebelum bersama Pioli.

"Pada saat yang sama, kami tidak melakukan seperti yang diharapkan di Serie A musim ini, tetapi kami berada di zona Liga Champions untuk musim ketiga berturut-turut, saya tidak tahu sudah berapa tahun sejak itu terjadi,” ujar Pioli.

Sumber: Football Italia, Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Published: 30/05/2023)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi AC Milan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer