Sukses


Perusahaan Investasi Arab Saudi Ambil Alih 4 Tim Saudi Pro League: Termasuk Klub Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema

Bola.com, Jakarta - Perusahaan investasi asal Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF) dikabarkan mengambil alih empat tim besar di kasta tertinggi Liga Arab Saudi, Saudi Pro League.

PIF saat ini memegang 80 persen saham di klub Premier League Newcastle United dan kini telah menambahkan lebih banyak klub yang akan mereka kelola.

Pada Senin (05/06/2023) sore, PIF mengumumkan akan menguasai empat tim Saudi Pro League: Al Ittihad, Al Ahli, Al Nassr dan Al Hilal.

"Sebagai bagian dari pengumuman Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga, empat klub Arab Saudi: Al Ittihad, Al Ahli, Al Nassr, dan Al Hilal telah diubah menjadi perusahaan, yang masing-masing dimiliki oleh PIF dan nirlaba dasar untuk setiap klub," tulis keterangan resmi dari PIF.

2 dari 3 halaman

75 Persen Saham

Dilaporkan PIF akan memiliki 75 persen saham di setiap empat tim Saudi Pro League tersebut.

Dalam prosesnya, PIF bakal menunjuk lima orang untuk di masing-masing klub.

"Kepemilikan PIF di perusahaan klub sebesar 75 persen di setiap klub, sementara yayasan nirlaba masing-masing memegang 25 persen kepemilikan di setiap klub," tulis keterangan tersebut.

"Akuisisi keempat klub akan membuka berbagai peluang komersial, termasuk investasi, kemitraan, dan sponsor di berbagai cabang olahraga," lanjut keterangan tersebut.

3 dari 3 halaman

Pemain Bintang

Al Nassr merupakan tim yang diperkuat oleh megabintang Cristiano Ronaldo. Sementara Al Ittihad baru saja merekrut Karim Benzema.

Lalu Al Hilal diyakini akan menampung Lionel Messi usai kontraknya berakhir di PSG.

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer