Sukses


Starting XI Pemain Terbaik Liga Champions 2022 / 2023: Tak Ada Messi, Man City Terbanyak

Bola.com, Jakarta - Manchester City menjuara Liga Champions dan melengkapi trebel winners pada musim 2022/2023. Meski demikian, hanya ada tiga pemain City yang masuk dalam tim terbaik Liga Champions musim ini versi Whoscored.

Manchester City menyabet trofi Liga Champions setelah menang 1-0 atas Inter Milan. Ini kali pertama The Citizen menjadi Raja Eropa. 

Skuad besutan Pep Guardiola tersebut memang layak menjadi juara lantaran tidak terkalahkan sejak penyisihan grup hingga final. Erling Haaland dan kawan-kawan membungkam klub raksasa seperti Bayern Munchen hingga juara bertahan Real Madrid.

Namun, hanya tiga pemain City yang berada di skuad terbaik Liga Champions versi WhoScored. Walau hanya tiga pemain, namun itu adalah jumlah yang paling banyak dibandingkan dengan klub lainnya.

Berikut Starting XI pemain terbaik Liga Champions  2022/2023 versi nilai data dan statistik milik WhoScored. Langsung saja simak nama-nama pemain dalam starting XI yang menggunakan skema 4-4-2.

 

2 dari 5 halaman

Penjaga Gawang

Kiper: Diogo Costa

Penjaga gawang Inter Milan, Andre Onan,  bukan pilihan utama meski mencatatkan clean sheet terbanyak. Kiper asal Porto, Diogo Costa, jutru jadi pilihan utama karena nilai 7,4 yang dimilikinya.

 

3 dari 5 halaman

Belakang

Bek kanan: Giovanni Di Lorenzo

Napoli sang juara Serie A musim ini memang hanya sampai ke perempat final Liga Champions musim 2022/2023, tetapi mengirimkan dua nama pemain. Bek kanan Napoli, Lorenzo mendapatkan nilai 7,4 di Liga Champions musim ini.

Bek tengah: Ruben Dias

Tim sekelas Bayern Munchen hingga Real Madrid yang lini serangnya begitu menakutkan sulit membobol gawang Manchester City. Salah satu faktornya adalah City memiliki Ruben Dias. Bek asal Portugal ini mendapatkan nilai 7,3.

Bek tengah: Kim Min-jae

Benua Asia boleh bangga karena satu pemainnya masuk dalam daftar pemain terbaik Liga Champions yakni Kim Min-jae. Dia adalah bek Korea Selatan yang bermain untuk Napoli dan mendapatkan nilai 7,2.

Bek kanan: Alex Grimaldo

Di posisi bek kiri, ada bek Spanyol yang bermain untuk Benfica, Alex Grimaldo. Sang pemain mampu mencetak dua gol dan lima assist hingga menorehkan nilai 7,4.

 

4 dari 5 halaman

Tengah

Sayap kanan: Mohamed Salah

Liverpool hanya mencapai babak 16 besar setelah dipermalukan Real Madrid. Tetapi Salah yang memiliki kontribusi gol lebih baik daripadai Lionel Messi hingga mendapatkan nilai 7,6 yang menjadi pilihan utama.

Gelandang tengah: Joshua Kimmich

Gelandang Manchester City, Rodri, mencuri perhatian di final Liga Champions karena mencetak satu-satunya gol. Tetapi, secara keseluruhan, gelandang Bayern Munchen, Kimmich, lebih unggul dalam hal intersep hingga block serangan lawan. Dia mendapatkan nilai 7,7.

Gelandang tengah: Kevin De Bruyne

De Bruyne menjadi satu-satunya gelandang Manchester City yang masuk di lini tengah. Pemain asal Belgia ini terlibat dalam enam kali kontribusi gol bagi City di Liga Champions dan mendapatkan nilai 7,5.

Sayap kiri: Vinicius Junior

Di sebelah kiri adalah pemain bintang Real Madrid, Vinicius Jr. Dengan nilai 7,8, Vini mengungguli winger AC Milan, Rafael Leao dan pemain Napoli, Khvicha Kvaratskhelia.

 

 

5 dari 5 halaman

Depan

Striker: Kylian Mbappe

Ketika Lionel Messi melempem di Liga Champions musim ini, rekan setimnya di PSG, Mbappe masih tetap garang. Pemain asal Prancis ini mencetak tujuh gol di Liga Champions musim ini dan mendapatkan nilai 7,6.

Striker: Erling Haaland

Pemain Manchester City asal Norwegia ini wajib berada dalam starting XI karena mendapatkan nilai 7,6. Haaland mencetak 12 gol di Liga Champions dan lima di antaranya ke gawang RB Leipzig di babak 16 besar.

Sumber: Whoscored, Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer