Sukses


10 Klub Paling Boros Belanja di Dunia: Bisa Ditebak, Tim Inggris dan Arab Saudi Mendominasi

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain musim panas 2023 sudah berjalan separuh langkah. Jendela transfer akan ditutup pada akhir bulan ini. 

Klub-klub raksasa Eropa seperti biasa terus bermanuver membangun skuad. Mereka berburu pemain untuk membentuk skuad yang lebih kompetitif. 

Sudah bisa ditebak, bursa transfer Eropa dikuasai oleh klub-klub Liga Inggris. Hanya Real Madrid, Barcelona, dan Paris Saint-Germain, yang bisa menyaingi pergerakan masif klub-klub Liga Inggris. 

Klub-klub Italia sudah lama tidak bertaji, karena jeratan masalah finansial. Mereka lebih senang mencari pemain muda, murah, dan lebih baik lagi jika berlabel gratisan. 

Namun, bursa transfer pemain musim panas 2023 ini memunculkan pemain baru. Mereka adalah klub-klub Liga Arab Saudi. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Klub Arab Saudi Mengguncang Bursa Transfer

Liga Arab Saudi benar-benar mengguncang bursa transfer pemain musim panas ini. Mereka merusak harga pasar dengan bermodal uang yang tampak tak terbatas. 

Bayangkan saja, mereka bisa menawarkan gaji yang luar biasa besar sehingga memancing pemain-pemain seperti Karim Benzema, Jordan Henderson, hingga Sadio Mane untuk hijrah ke Arab Saudi. 

Bahkan, manajer Manchester City, Pep Guardiola, hingga manajer Liverpool, sampai dibuat ketar-ketir melihat aksi belanja gila-gilaan klub Arab Saudi. 

 

3 dari 4 halaman

Arsenal yang Paling Boros

Namun, bukan klub Arsenal yang terboros pada bursa transfer musim panas 2023 sejauh ini. Posisi pertama dalam daftar tersebut ditempati klub Liga Inggris, Arsenal. 

The Gunners, julukan Arsenal, jor-joran belanja memboyong pemain-pemain seperti Declan Rice, Jurrien Timber, dan Kai Havertz. Bahkan, mereka dikabarkan belum puas belanja.

Jadi, berikut ini 10 klub paling boros pada bursa transfer musim panas 2023 sejauh ini, seperti dikutip dari Transfermarkt.  

 

4 dari 4 halaman

Daftar Klub Terboros

  • 1. Arsenal (Inggris): 211,7 juta euro (Rp3,5 triliun)
  • 2. Al Hilai (Arab Saudi): 161,2 juta euro (Rp2,67 triliun)
  • 3. Paris Saint-Germain (Paris): 128 juta euro (Rp2,12 triliun)
  • 4. Tottenham Hotspur (Inggris): 124,7 juta euro (2,065 triliun)
  • 5. Real Madrid (Spanyol): 124,5 juta euro (Rp2,063 triliun)
  • 6. Manchester United (Inggris): 91,2 juta euro (Rp1,51 triliun)
  • 7. Aston Villa (Inggris): 85,1 juta euro (Rp1,4 triliun) 
  • 8. Al Ahli (Arab Saudi): 80,7 juta euro (Rp1,33 triliun)
  • 9. Al Nassr (Arab Saudi): 80 juta euro (Rp1,32 triliun)
  • 10. Al Ittihad (Arab Saudi): 75,8 juta euro (Rp1,25 triliun) 

Sumber: Transfermarkt, Sportbible

Video Populer

Foto Populer