Sukses


Puja-puji Kehebatan Cristiano Ronaldo dari 10 Bintang dan Legenda: Luar Biasa dan Istimewa

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain sepak bola terbaik yang pernah ada. Ikon asal Portugal ini adalah seorang atlet kelas dunia dan telah berada di puncak kancah sepak bola selama dua dekade, membuktikan betapa berdedikasi dan bersemangatnya ia selama bertahun-tahun.

Kemampuan teknis yang luar biasa dan kehebatan dalam mencetak gol membuat pemain berusia 39 tahun ini hampir tidak bisa dikalahkan pada hari-hari terbaiknya.

Ia pernah bermain untuk beberapa klub terbesar di Eropa, sehingga mengoleksi gelar liga di Inggris, Spanyol, dan Italia, sekaligus mengangkat lima trofi Liga Champions.

Daftar penghargaan tim dan individu Ronaldo sangat banyak dan penuh hiasan.

Bukan hanya para penggemar olahraga ini yang menyaksikan dan memperhatikan pencapaian luar biasa Ronaldo.

Namun rekan-rekan profesionalnya juga melontarkan banyak komentar positif tentang mantan bintang Real Madrid tersebut. Berikut ini kutipan-kutipan terhebat yang pernah dibuat tentang striker Al-Nassr, Cristiano Ronaldo

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 11 halaman

1. Sir Alex Ferguson (Pelatih Ronaldo di MU)

Sir Alex Ferguson adalah pengaruh besar pertama yang dimiliki Cristiano dalam karier senior. Pelatih asal Skotlandia tersebut dipandang sebagai satu salah manajer terhebat di Liga Inggris, dan jelas memberikan pengaruh besar pada karier mantan pemain sayap Sporting Lisbon itu.

Ferguson membimbing Ronaldo menjadi salah satu pemain paling menarik di muka bumi, sekaligus mengisi lemari trofinya dengan berbagai gelar Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions.

Ferguson layak mendapat pujian besar atas kesuksesan sang superstar. Ferguson pernah memberikan pujian besar kepada mantan pemainnya, menurut Sportskeed. 

“Kami punya beberapa pemain hebat di klub ini dalam 20 tahun saya, tapi dia punya yang terbaik.”

3 dari 11 halaman

2. Jose Mourinho (Pelatih Ronaldo di Real Madrid)

Jose Mourinho setara dengan Ferguson sebagai salah satu manajer terbaik dalam tiga dekade terakhir. Sang Special One memiliki kemewahan dalam mengelola Ronaldo di Santiago Bernabeu dari 2010 hingga 2013.

Bisa dikatakan pelatih asal Portugal itu sangat terkesan dengan rekan senegaranya. Mourinho pernah memuji Ronaldo sebagai salah satu pemain top sepanjang masa. 

"Dia yang terbaik. Yang terbaik di dunia, ya. Mungkin yang terbaik. Saya melihat Maradona beberapa kali. Saya belum pernah melihat Pele. Tapi Cristiano luar biasa. Orang ini adalah yang terbaik. Cristiano adalah mesin gol. Dia adalah pemain yang luar biasa. Dia seperti Zidane; tidak akan pernah ada Ronaldo yang lain."

4 dari 11 halaman

3. Lionel Messi (Rival Tersengit Ronaldo)

Ronaldo dan Lionel Messi saling berhadapan selama lebih dari 15 tahun dalam upaya untuk mengklaim status pemain terhebat dalam sejarah. Pemain Argentina itu mungkin telah memenangi perang tersebut di mata banyak orang.

Namun, ia masih menunjukkan rasa hormat terhadap musuh terbesarnya dalam sepakbola selama bertahun-tahun.

“Ronaldo selalu mencetak gol di semua pertandingan dan mengambil bagian di klub dan tim nasional. Dia telah melakukan itu selama bertahun-tahun dan apakah dia berada di puncak atau sedikit di bawahnya, tidak ada bedanya.”

5 dari 11 halaman

4. Sir Bobby Charlton (Legenda MU)

Sir Bobby Charlton meninggal pada 2023, tetapi warisan pahlawan Inggris dan Manchester United itu untuk sepak bola akan tetap hidup selamanya. Dia adalah salah satu pemain terhebat Setan Merah dan kata-katanya terus membawa pengaruh besar selama bertahun-tahun setelah karier bermainnya berakhir.

Charlton melihat banyak pemain sepak bola yang luar biasa, tapi favoritnya untuk ditonton mungkin adalah Ronaldo. 

"Ronaldo melakukan hal-hal yang belum pernah saya lihat dari pemain lain, dan itu luar biasa untuk disaksikan. Dibutuhkan pemain hebat untuk mengambil tindakan dan mewujudkan sesuatu, tapi dia telah melakukannya berulang kali."

 

6 dari 11 halaman

5. Eusebio (Legenda Portugal)

Satu-satunya pesaing nyata yang dihadapi Ronaldo untuk mendapatkan penghargaan sebagai pemain terhebat Portugal sepanjang masa adalah Eusebio. Legenda Portugal itu tetap menjadi salah satu finisher terbaik yang pernah menginjakkan kaki di lapangan sepak bola.

Sebelum kematiannya pada 2014, legenda Benfica ini menyampaikan kata-kata yang sangat baik tentang penerus takhtanya sebagai superstar terbesar negara itu, seperti dikutip talkSPORT.

"Dia punya keajaiban di sepatunya. Hal pertama yang Anda perhatikan adalah dia luar biasa cepat dan sangat, sangat kuat untuk ukuran pemain muda. Dia punya kontrol yang hebat, kontrol jarak dekat, dan tekniknya luar biasa. Dia yakin dia bisa melakukan apa pun penguasaan bola, dan kepercayaan diri itu membuatnya sangat istimewa."

7 dari 11 halaman

6. Zinedine Zidane (Pelatih Ronaldo di Real Madrid)

Dari lima trofi Liga Champions yang diraih Ronaldo dalam kariernya yang termasyhur, tiga di antaranya berada di bawah asuhan Zinedine Zidane di Real Madrid.

Pria Prancis ini mencoba kemampuan dalam manajemen dan sukses besar. Zidane sangat terkesan dengan betapa efektifnya Cristiano untuk Los Blancos selama masa jabatannya sebagai pelatih. 

“Saat Anda bermain dengan Ronaldo di tim Anda, Anda sudah unggul 1-0.”

8 dari 11 halaman

7. Johan Cruyff (Legenda Belanda)

Johan Cruyff memiliki salah satu otak sepak bola terpintar dalam sejarah. Legenda sepak bola Belanda ini merevolusi sepak bola baik sebagai pemain maupun manajer.

Dia mungkin memiliki hubungan yang kuat dengan Barcelona, ​​​​tetapi Cruyff adalah penggemar berat mantan bintang Real Madrid itu. Ia pernah mengklaim Ronaldo lebih baik daripada dua mantan peraih Ballon d'Or yang membela Manchester United.

“Cristiano Ronaldo lebih baik daripada George Best dan Denis Law, yang merupakan dua pemain brilian dan hebat dalam sejarah United.”

9 dari 11 halaman

8. Paul Scholes (Mantan Rekan Setim Ronaldo di MU)

Paul Scholes merupakan sosok yang sulit dibuat terkesan. Mantan gelandang kelas dunia yang menjadi pundit ini memiliki ekspektasi tinggi terhadap pemain yang ia tonton. Namun ia sangat memuji mantan rekan setimnya di Manchester United, Ronaldo. Scholes berbicara mengenai Ronaldo kepada BT Sport setelah sang striker mencetak gol klub ke-700 dalam kariernya untuk MU melawan Everton pada tahun 2022. 

"Benar-benar luar biasa, sensasional. Sulit untuk menggambarkan dengan kata-kata seperti apa karier yang dia jalani. Dia masih terus berkembang. Saya mengenalnya sebagai pemain muda ketika dia datang dari Sporting Lisbon dan sedikit mencolok, sedikit sombong dengan semua keterampilannya."

10 dari 11 halaman

9. Erling Haaland (Superstar Manchester City)

Erling Haaland mungkin adalah striker terbaik di dunia dalam permainan modern, mengambil alih posisi yang dipegang oleh Ronaldo selama lebih dari satu dekade. Pemain asal Norwegia ini sedang tampil luar biasa bersama Manchester City sejak kedatangannya pada 2022.

Pria yang kini memegang rekor gol terbanyak di Premier League dalam satu musim itu menyinggung fakta bahwa permainan Ronaldo memberikan pengaruh besar pada dirinya. 

“Bagaimana Cristiano bergerak, dan bagaimana berhasil mengembangkan permainannya. Anda ingat ketika dia bermain di Manchester United dan tahun-tahun pertama di Real Madrid, menjadi lebih sebagai striker di Real Madrid. Sungguh luar biasa baginya bahwa dia berhasil. Tapi juga bagaimana dia mencetak gol. Itu adalah pergerakan kecil di kotak penalti, dan kemampuannya menipu pemain bertahan."

11 dari 11 halaman

10. Luis Figo (Legenda Portugal)

Seorang pemain sangat berbakat seperti Luis Figo yang memberikan pujian kepada siapa pun harus ditanggapi dengan sangat serius. Semua orang harus memperhatikan kata-kata bintang Portugal itu.

Pria yang pernah mengenakan seragam Barcelona dan Real Madrid ini bermain bersama Ronaldo untuk Portugal sebagai seorang veteran berpengalaman, sementara rekannya adalah seorang prospek muda yang menarik. Mengingat hal-hal menakjubkan yang dapat dilakukan Figo dalam penguasaan bola, kata-katanya menjadi lebih berdampak ketika mengomentari Ronaldo. 

“Ada beberapa hal yang bisa dilakukan Ronaldo dengan sepak bola yang membuat saya terharu dan bertanya-tanya bagaimana dia bisa melakukannya.”

Sumber: Give Me Sport

 

Video Populer

Foto Populer