Sukses


8 Pertandingan Fase Gugur Liga Champions Paling Sensasional: Mengenang Era Keemasan Super Depor (Bagian 1)

Bola.com, Jakarta - Babak gugur Liga Champions tidak diragukan lagi merupakan salah satu hal terbaik dalam sepak bola.

Namun kini kita memasuki tahun kedua tanpa aturan gol tandang dan jika boleh jujur, kita merindukan drama tambahan dan rasa cemas yang menyertainya.

Ada argumen yang logis dan sah untuk menghilangkan aturan tersebut, yang dibuat dengan sangat baik oleh Ian Hawkey di The Blizzard, tidak terkecuali bahwa perjalanan antar negara Eropa telah mengalami kemajuan pesat dalam 56 tahun terakhir.

Namun pihak yang sinis mungkin berpendapat bahwa keputusan tersebut dibuat karena keinginan UEFA untuk melihat lebih banyak pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu, dengan pendapatan iklan yang menyertainya.

Gol tandang telah memainkan peran yang menentukan dalam beberapa pertandingan klasik Eropa selama bertahun-tahun – berikut adalah delapan contoh menonjol dari era Liga Champions.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Deportivo La Coruna 5-4 AC Milan (2004)

Di era sebelum perlawanan leg kedua yang tak terpikirkan menjadi hal biasa, Super Depor adalah pembawa standar – melawan salah satu tim terbaik dalam sejarah Piala Eropa.

Pada periode 2003 hingga 2007, AC Milan asuhan Carlo Ancelotti mencapai tiga dari lima final, menang dua kali dan kalah satu kali setelah Liverpool menghasilkan comeback tiga gol yang tak terlupakan.

Mungkin pasukan Merah asuhan Rafael Benitez mendapat inspirasi dari Depor, yang menghasilkan kemenangan menakjubkan 4-0 atas Rossoneri di Riazor pada perempat final musim sebelumnya.

Sundulan tajam Walter Pandiani untuk membuka skor pada leg pertama di San Siro, sebelum Milan bangkit kembali dengan empat gol dalam delapan menit untuk mengakhiri pertandingan, memberi Depor sedikit harapan untuk kembali pulang.

Gol tandang berarti mereka hanya membutuhkan tiga gol di Riazor, namun mereka menambahkan gol keempat sebagai tambahan, sementara Milan tetap bersaing sepanjang pertandingan – sebuah gol di Galicia akan membuat pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu, yang membuatnya semakin menegangkan hingga peluit akhir berbunyi.

 

3 dari 5 halaman

Chelsea 1-1 Barcelona (2009)

Contoh klasik dari bahaya tajam yang membuat gol tandang begitu mendebarkan; Gol penyeimbang Andres Iniesta di masa tambahan waktu di Stamford Bridge membuat Barcelona lolos dari eliminasi ke satu tempat di final dalam satu kesempatan.

Tentu saja, fans Chelsea akan memberi tahu Anda bahwa pertandingan ini seharusnya sudah diselesaikan jauh sebelum itu terjadi.

 

4 dari 5 halaman

Barcelona 2-3 Chelsea (2012)

Tiga tahun setelah Iniesta menusuk hati mereka, Chelsea membalas dendam di Camp Nou.

The Blues asuhan Roberto Di Matteo menghasilkan pertahanan kelas atas dengan mencatatkan kemenangan 1-0 pada leg pertama atas Barcelona asuhan Pep Guardiola di London.

Namun mereka tampaknya akan tersingkir setelah 10 menit yang buruk di Catalunya, di mana John Terry dikeluarkan dari lapangan karena menendang Alexis Sanchez dan Barcelona unggul setelah mencetak dua gol.

Kemudian Ramires mencetak gol, entah dari mana, dan Chelsea kembali unggul melalui gol tandang. Setelah babak kedua penuh tekanan dan pertahanan yang heroik, Fernando Torres memastikan tempat mereka di final tanpa diragukan lagi melalui serangan balik di masa tambahan waktu.

Dua gol paling spesial dalam sejarah Chelsea.

 

5 dari 5 halaman

Barcelona 6-5 PSG (2017)

Barcelona tampaknya telah mencapai titik terendah ketika mereka menderita kekalahan telak 4-0 di leg pertama babak 16 besar pertandingan mereka dengan PSG pada tahun 2017. Kurangnya gol tandang menghilangkan anggapan bahwa mereka mungkin bisa bangkit kembali.

Namun Luis Suarez memberi mereka kejutan setelah pertandingan leg kedua baru berjalan tiga menit di Camp Nou, dan pertandingan ulang terlihat berjalan dengan baik ketika Lionel Messi mencetak gol ketiga dalam waktu lima menit.

Tepat setelah satu jam berlalu, Edinson Cavani sepertinya memadamkan segala harapan bahwa mereka akan melakukan hal yang tidak terpikirkan.

Gol tandang pemain Uruguay itu membuat Barcelona berubah dari membutuhkan satu gol menjadi membutuhkan tiga gol.

Barcelona sepertinya kehilangan semua momentum dan harapan dan permainan terhenti selama 25 menit.

Lalu tibalah tujuh menit paling gila dalam sejarah sepak bola Eropa – dan momen terbaik Neymar.

Pertama, pemain Brasil itu mencetak tendangan bebas. Kemudian dia mengonversi penalti. Kemudian, di detik-detik terakhir masa tambahan waktu, ia melayangkan bola dengan bobot sempurna ke atas untuk dikonversi oleh Sergi Roberto. Mencengangkan.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer