Sukses


Jelang GP Belgia: Inilah Rekor dan Fakta Unik Sirkuit Spa

Bola.com, Spa - Setelah jeda selama tiga minggu, akhir pekan ini, ajang balap Formula 1 (F1) akan kembali digelar di Belgia. Menggunakan Sirkuit Spa-Francorchamps, atau lebih dikenal dengan nama Sirkuit Spa, sebagai lintasan balap, sebanyak 20 pebalap siap beradu kecepatan dan mungkin, mengukir rekor baru.

Sampai 47 kali penyelenggaraan, GP Belgia sudah melahirkan banyak juara dan juga catatan sejarah. Satu yang paling fenomenal ialah raihan juara pebalap Jerman, Michael Schumacher, yang terekam sebanyak enam kali. Tiga di antaranya, terjadi beruntun pada rentang 1995-1997.

Lantas, apa lagi rekor dan fakta unik yang dimiliki GP Belgia?

Berikut rangkuman Bola.com dari situs resmi Formula 1:

1. Tahun ini, Sirkuit Spa akan menjadi tuan rumah seri balap GP Belgia untuk ke-48 kali. Jumlah penyelenggaraan Sirkuit Spa itu kalah dari Sirkuit Monza-Italia (64 kali), Sirkuit Monaco-Monako (62 kali), dan Sirkuit Silverstone-Inggris (49 kali).

2. Meski penggunaan lintasan balap sudah dipangkas sampai separuh, panjang trek Sirkuit Spa yang tercatat di angka 7,004 km tetap menjadikannya sebagai sirkuit paling panjang di kalender balap F1. Jarak ini dua kali lebih panjang dari Sirkuit Monaco, yang cuma 3,337 km.

3. Tahun lalu, Kimi Raikkonen cuma bisa finis di urutan keempat. Namun, secara keseluruhan, Raikkonen termasuk pebalap F1 aktif paling sukses di Sirkuit Spa. Pebalap Finlandia itu tercatat sudah empat kali tampil sebagai juara dan satu kali finis di podium.

4. Berbeda dengan Raikkonen yang menjadi pebalap F1 aktif paling sukses di Sirkuit Spa, pebalap Spanyol, Fernando Alonso, mungkin adalah pebalap F1 aktif paling sial di sini. Dari 11 kesempatan mengikuti GP Belgia, prestasi terbaik Alonso hanyalah tiga kali melengkapi posisi podium. Sementara lima lainnya justru berujung dengan status DNF alias gagal finis.

5. Sementara itu, pebalap Inggris, Lewis Hamilton, tercatat sebagai pebalap aktif yang sudah meraih lebih dari satu kali pole position. Tapi, Hamilton masih butuh dua posisi pole lagi untuk menyamai rekor Juan Manuel Fangio, Alain Prost, dan Ayrton Senna.

6. Dari total 47 penyelenggaraan, tim balap paling sukses di Sirkuit Spa ialah Ferrari. Tim balap Italia yang identik dengan warna merah dan logo kuda jingkrak itu sudah 16 kali menjadi juara. Diikuti McLaren (14 kali) dan Lotus (8 kali). Namun, dalam empat tahun terakhir, tiga di antaranya justru dimenangi tim Red Bull, termasuk kemenangan musim lalu, yang diraih Daniel Ricciardo.

7. Kemenangan Ricciardo pada musim lalu juga tercatat sebagai kemenangan dengan marjin terpendek kedua (3,383 detik) setelah marjin kemenangan yang diraih Phil Hill di 1961. Kala itu, Hill cuma unggul 0,7 detik atas rekan setimnya, Wolfgang von Trips.

8. Sementara kemenangan dengan marjin terpanjang ialah kemenangan Jim Clark pada 1963. Di musim tersebut, Clark unggul 4 menit 54 detik atas Bruce McLaren.

9. Fakta menarik lain dari balapan di Sirkuit Spa ialah posisi pole tidak berarti banyak. Dari 47 balapan, cuma 15, termasuk tiga dari 10 tahun penyelenggaraan terakhir, yang sukses dimenangi pebalap pemegang posisi pole.

10. Sedangkan kemenangan paling epik yang didapat dari posisi start terjauh dibukukan atas nama Michael Schumacher. Membela tim Benetton pada 1995, Schumi berhasil naik podium kampiun setelah cuma start dari posisi ke-16.

11. Sampai musim lalu, tercatat sudah ada 20 pebalap berkebangsaan Belgia yang mengikuti GP Belgia di Sirkuit Spa. Ironisnya, tak ada satu pun di antara mereka yang mampu naik podium kampiun.

12. Rekor tersebut sepertinya masih akan bertahan, setidaknya sampai musim ini. Karena, di musim 2015, tak ada pebalap Belgia yang terdaftar sebagai pebalap yang bersaing di ajang F1. Satu-satunya pebalap yang memiliki darah Belgia ialah Max Verstappen. Namun, Verstappen lebih memilih membela Belanda, seperti kewarganegaraan ayahnya, Jos Verstappen, ketimbang kewarganegaraan ibunya.

13. Bagi Sebastian Vettel, Sirkuit Spa memunyai makna tersendiri. Selain menjadi arena yang menandai sembilan kemenangan beruntunnya di musim 2013, partisipasinya di GP Belgia musim ini juga akan menjadi edisi ke-150 secara keseluruhan di ajang balap F1.

14. Selain berpeluang menjadi pebalap ke-35 yang berhasil mencapai milestone balapan ke-150, Sirkuit Spa juga berpeluang menjadi saksi bisu rekor poin pebalap terbanyak sepanjang sejarah F1 bagi Sebastian Vettel. Hingga GP Hongaria, 26 Juli lalu, perolehan poin sepanjang karir balap Vettel tercatat setara dengan Fernando Alonso, 1.778 poin.

Baca juga:

Hamilton Berambisi Kembali ke Podium Tertinggi di GP Belgia

Niki Lauda: MotoGP Lebih Spektakuler Daripada F1

Rookie F1 Max Verstappen Tak Terbebani untuk Membuktikan Diri

Video Populer

Foto Populer