Sukses


Apa Jadinya bila Dua Pusam Bertemu di Perempat Final?

Bola.com, Jakarta- Pelatih Pusamania Borneo FC, Iwan Setiawan, berharap berjumpa Bali United Pusam di babak perempat final Piala Presiden 2015. Iwan mengaku penasaran dengan penampilan Bali United yang menjadi juara Grup C.

“Kalau boleh memilih, saya ingin Borneo FC berhadapan dengan Bali United di perempat final. Saya penasaran ingin adu strategi dengan Indra Sjafri,” kata Iwan.

Borneo FC lolos ke perempat final dengan titel runner-up Grup D. Hal itu membuat peluang kedua klub yang masih menggunakan nama Pusam (Putra Samarinda) itu bisa bertemu di perempat final. Undian perempat final Piala Presiden 2015 akan dilakukan pada Jumat (11/9/2015) di Jakarta. Delapan kontestan akan dibagi menjadi dua pot, yakni pot juara grup dan runner-up.

"Kami buat dua pot supaya sesama juara grup tidak bertemu di babak perempat final," kata CEO Mahaka Sports, Hasani Abdulgani.

Bali United pernah menyambangi Stadion Segiri atas undangan Borneo FC, untuk beruji coba pada 28 Mei 2015. Hasilnya, Borneo FC menang 1-0 lewat gol Febri Setiadi Hamzah, saat laga baru berjalan delapan menit. Saat itu, Borneo FC masih ditangani Arcan Iurie dan sedang mempersiapkan diri untuk kompetisi ISL. 

Namun, setelah kompetisi terhenti, Borneo FC membubarkan diri sementara. Sang pemilik, Nabil Husein Said Amin, membuat klub dadakan bernama Nahusam FC, untuk mengikuti turnamen antarkampung bertajuk Liga Ramadhan di Makassar. Tujuannya supaya pemain tetap mendapat pemasukan sekaligus menjaga kondisi. 

Sebaliknya, Bali United tetap fokus latihan dan mengikuti turnamen Sunrise of Java. Faktor persiapan yang matang membuat Bali United menjadi salah satu tim yang diunggulkan. 

Namun, Borneo FC juga tak kalah mentereng. Demi gelar Piala Presiden, mereka sanggup mendatangkan pemain top asal Persipura Jayapura, Boaz Solossa. Sejauh ini performa Laskar Pesut Etam lumayan, yakni mengoleksi lima gol dari tiga laga babak penyisihan dan satu kali kebobolan. Di laga terakhir, mereka mampu menahan imbang PSM Makassar 0-0. Padahal, Borneo FC tampil menggunakan pemain lapis kedua. Borneo FC lolos dengan modal tujuh poin.

Di sisi lain, hasil Bali United sebagai tuan rumah juga meraih tujuh poin, dari hasil menang 2-1 atas Persita Tangerang dan 3-0 versus Persija Jakarta. Tapi, Bayu Gatra dkk. terpaksa berbagi angka dengan Mitra Kukar, setelah laga itu berakhir dengan skor 2-2.

Indra Sjafri mengaku siap menghadapi siapapun lawan. Menurut Indra, delapan kontestan perempat final adalah yang terbaik dan sama-sama berjuang di tengah kondisi sepak bola nasional yang tidak pasti. Di turnamen ini, klub akan berjuang habis-habisan layaknya partai di kompetisi reguler.

"Kami tidak setengah-setengah mengikuti turnamen ini, sebab ini agenda bertanding yang kami tunggu-tunggu setelah ISL dihentikan," kata Indra di situs resmi klub.

Pertandingan perempat final bergulir pada tanggal 19 September 2015. Klub memiliki waktu persiapan kurang lebih 10 hari. Kita nantikan saja, apakah dua tim bernama Pusam itu bakal bertemu di perempat final?

Baca Juga:

Kunci Sukses Bali United Pusam: Jadi Raja Bola Mati

Cover Story: Bali Merajut Mimpi

Lagu Rohani Jadi Sumber Semangat Striker Jangkung Bali United

Video Populer

Foto Populer