Sukses


Statistik Zulham Zamrun: Pemain Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Bola.com, Jakarta - Delapan dari 16 kontestan Piala Presiden 2015 sudah memastikan diri melaju ke perempat final. Dalam tulisan kali ini, Labbola akan menganalisis mengenai pemain dengan performa paling mengesankan sejauh babak penyisihan turnamen ini. Dari beberapa kandidat pemain yang bermain baik, Labbola sepakat memilih nama Zulham Zamrun.

Pada turnamen kali ini, Zulham berseragam Persib Bandung, setelah sebelum ini berseragam Persipura di kompetisi ISL 2015 dan Piala AFC 2015.

Permainan Persib bisa dikatakan sempurna sepanjang babak penyisihan. Dari tiga pertandingan awal, anak asuhan Djajang Nurjaman mampu mencetak 10 gol, dan Zulham berpartisipasi separuh di antara total gol Persib. Selain itu Persib juga menjadi tim yang tidak pernah kehilangan poin serta tim yang belum merasakan gawangnya dibobol lawan, bersama PSM Makassar.

Zulham sudah bergabung dengan Persib sejak dua bulan terakhir sehingga sudah bisa berbaur dengan rekan-rekan lainnya. Sebenarnya, Zulham sudah pernah ikut bertanding bersama Persib, saat Tim Maung Bandung menghadapi Arema dalam peringatan hari ulang tahun Arema, 11 Agustus lalu. Namun, saat itu Zulham masih terlihat canggung dan belum bisa mengalir dengan gaya bermain Persib.

Pada turnamen Piala Presiden ini, Zulham sering diposisikan di kanan atau kiri luar oleh Djadjang Nurjaman. Posisi sebagai penyerang luar sebenarnya sudah menjadi posisi favorit pemain kelahiran Ternate ini saat berseragam Mitra Kukar atau Persela Lamongan.

Dengan ditempatkan di posisi tersebut, Zulham tampak begitu baik bekerja sama bersama para bek sayap Persib, Supardi atau Dias Angga. Dukungan dari bek sayap yang aktif mampu memanjakan peran Zulham. Supardi yang terbiasa berduet dengan M. Ridwan, dengan hadirnya Zulham juga memberikan nyawa di sisi kanan penyerangan Pangeran Biru.

Bagusnya pergerakan tanpa bola pemain Persib serta cepat tanggap akan ruang kosong juga membuat Zulham lebih leluasa berkreasi. Sejauh ini Zulham sudah mencatatkan tujuh kali tembakan ke gawang dan jumlah itu merupakan yang terbanyak di Persib. Lima dari tujuh tembakan ke gawang tersebut sukses dikonversi Zulham menjadi gol, atau rata-rata tembakan yang sukses dikonversi menjadi gol yang dilakukan oleh Zulham sebesar 0,71. Angka tersebut merupakan angka tertinggi di antara pemain lainnya di babak penyisihan Piala Presiden 2015.

Penyerang Persib, Zulham Zamrun, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Martapura FC dalam lanjutan Piala Presiden 2015 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Kamis (10/9/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Dari lima gol yang sudah ia persembahkan untuk Persib, pemain bernomor punggung 54 tersebut juga menjadi pemain paling efektif di turnamen ini. Akurasi tembakan Zulham mencapai 88%. Sebuah angka yang sangat bagus untuk seorang pemain yang beroperasi di lini depan.

Mendapat dukungan dari para bek sayap, membuat Zulham tidak perlu bekerja sendirian di tepi lapangan untuk membangun serangan. Zulham, yang biasanya merupakan tipe pemain yang gemar melakukan dribble, terlihat lebih tenang. Sepanjang turnamen Zulham hanya melakukan lima kali percobaan melewati lawan dan sukses melewati lawan sebanyak tiga kali.

Meski begitu, tidak serta merta membuat Zulham bermain sempurna. Zulham menjadi pemain Persib paling sering kehilangan bola. Saudara kandung Zulvin Zamrun tersebut sudah kehilangan bola sebanyak 14 kali atau rata-rata Zulham hampir lima kali kehilangan bola setiap pertandingan. Selain itu, Zulham juga menjadi pemain Persib yang paling sering terjebak offside. Pemain pinjaman dari Persipura tersebut sejauh ini sudah tiga kali terjebak offside.

Namun, angka-angka negatif itu bisa ditutupi Zulham dengan performanya yang mengesankan, termasuk hattrick-nya ke gawang Martapura FC di pertandingan terakhir Grup A sebagai penampilan terbaiknya. Sesungguhnya, apiknya penampilan Zulham tidak terlepas dari dukungan para pemain Persib lainnya. Lewat pergerakan tanpa bola yang bagus serta kesepahaman antarpemain juga menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat mantan pemain Mitra Kukar ini menjadi pemain terbaik Babak Penyisihan Piala Presiden 2015 versi Labbola.

Di babak delapan besar, Persib bersua runner-up Grup D, Pusamania Borneo FC, tim yang juga menunjukkan penampilan gemilang di babak penyisihan. Di fase gugurlah konsistensi Zulham diuji. Mampukah Zulham Zamrun mempertahankan penampilan gemilangnya di babak penyisihan dan membawa Maung Bandung menjuarai turnamen ini? Mari kita lihat nanti!

Baca Juga :

Statistik Vladimir Vujovic: Bek Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Statistik Choirul Huda: Kiper Terbaik Fase Grup Piala Presiden

Statistik Persib Bandung di Fase Grup Piala Presiden

Video Populer

Foto Populer