Sukses


Prediksi Mitra Kukar vs Persib: Misi Terberat Maung Bandung?

Bola.com, Tenggarong - Mitra Kukar akan meladeni tim tamu, Persib Bandung, pada laga pertama semifinal Piala Presiden 2015 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (4/10/2015) petang WIB. Dilihat dari kondisi terkini, laga ini boleh dibilang bakal jadi laga terberat Maung Bandung di turnamen gagasan Mahaka Sports and Entertaiment ini.

Persib Bandung, yang berhasil lolos ke babak semifinal setelah menang agresivitas gol tandang dari Pusamania Borneo FC dengan agregat 4-4, kehilangan sejumlah pilar utama di Tenggarong. Maung Bandung kehilangan dua mesin golnya, Zulham Malik Zamrun dan Illija Spasojevic, serta dua bek tengah andalannya, Vladimir Vujovic dan Achmad Juprianto.

Seolah belum cukup, Tim Pangeran Biru masih harus kehilangan gelandang bertahannya, Hariono, yang absen akibat terkena akumulasi kartu kuning. Serta, penyerang sayap, Muhammad Ridwan, yang masih dalam proses pemulihan cedera.

Meski begitu, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, kemungkinan besar akan tetap memainkan pola yang biasa diterapkannya, yakni 4-3-3. Pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut dipastikan merotasi tempat yang ditinggalkan enam penggawa andalannya dengan pemain yang selama ini kerap menghangatkan bangku cadangan.

"Saya hanya membawa 17 pemain termasuk tiga kiper. Kami akan tetap memainkan permainan ciri khas kami, yaitu bermain dengan bola pendek satu dua sentuhan," ungkap Djanur kepada Bola.com.

Namun, Djanur bisa saja mengubah permainan satu dua yang menjadi ciri khas permainan Persib. Menurut Djanur, kondisi tanah lapangan Stadion Aji Imbut kurang rata untuk memainkan pola seperti itu.

"Kami sempat menggelar latihan selama satu jam untuk persiapan mengenal lapangan sebelum Hari H. Kondisi lapangan kurang rata, sangat sulit main satu dua sentuhan. Lihat nanti saja dalam pertandingan. Insya Allah bisa menang," kata Djanur.

Djanur kemungkinan akan memasang duet Abdurahman dan Tony Sucipto untuk menggantikan Vujovic dan Jupe di posisi bek tengah Persib. Sementara, posisi Tony Sucipto sebagai bek sayap kiri akan digantikan Dias Angga. Sedangkan, Tantan akan menggantikan peran Zulham Zamrun sejak menit awal, dan Yandi Sofyan mengisi posisi yang ditinggalkan Spasojevic untuk membobol gawang Mitra Kukar.

Pemain Persib Atep dan Supardi (tengah) berebut bola saat latihan jelang laga semi final Piala Presiden 2015 melawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kaltim, Sabtu (3/10/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Di lini tengah, Taufiq diplot jadi pematah serangan lawan guna mengisi kekosongan yang ditinggalkan Hariono. Taufik akan bekerja sama dengan Makan Konate dan Firman Utina yang diplot sebagai penyuplai serangan Pangeran Biru.

Makan Konate berjanji bermain maksimal dalam pertandingan melawan Mitra Kukar. Meski, Tim Naga Mekes memiliki pertahanan kuat yang dikomandoi OK Jhon.

"Kami akan menghadapi Mitra Kukar. Mereka tim yang kuat seperti Persib. Apalagi mereka bermain di kandang dan memiliki pemain hebat, seperti OK Jhon dan Rizky Pellu. Tapi, tidak ada masalah bagi kami. Kami yakin bisa menang, mendapat poin, dan gol tandang," ungkap Konate kepada Bola.com.

Sebagai tuan rumah Mitra Kukar terlihat lebih rileks menghadapi duel berat melawan Persib. Pasalnya, Naga Mekes akan bermain di depan puluhan ribu pendukung setianya. Apalagi, Rizky Pellu dkk. tidak memiliki beban karena Mitra Kukar dalam pertandingan ini diposisikan bukan sebagai unggulan.

Namun, pelatih Jafri Sastra mengimbau anak-anak asuhannya untuk fokus menghadapi Persib yang memiliki kekuatan hebat, meski ada enam penggawa andalannya yang absen kali ini. Mantan pelatih Semen Padang tersebut kemungkinan akan tetap memainkan formasi 4-2-1-3, dengan mengandalkan duet penyerang sayapnya, Hendra Adi Bayauw dan Defri Riski.

"Persib memiliki tim yang solid dan tidak berubah. Mereka sudah membuktikannya di fase penyisihan grup Piala Presiden dan melawan Pusamania Borneo FC di perempat final," ungkap Jafri Sastra.

Pemain Mitra Kukar, Airlangga Sucipto bersama rekan-rekan setim melakukan pemanasan saat latihan jelang laga semi final Piala Presiden 2015 melawan Persib di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kaltim, Sabtu (3/10/2015). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jafri Sastra yakin timnya bisa mengalahkan Persib di pertandingan pertama ini. Dengan kemenangan, Naga Mekes akan mendapatkan modal berharga untuk menghadapi Maung Bandung di leg kedua, Minggu (11/10/2015) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Apalagi, Mitra Kukar memiliki skuat yang lengkap, tanpa satupun pemain yang absen.

"Hanya Eka Ramdani dan Dinan Javier yang mengalami cedera. Tapi, itu pun hanya cedera ringan. Sepertinya keduanya bisa bermain," ungkap Jafri.

 

Baca Juga :

Djanur: Kehilangan Dua Pemain Ini Paling Terasa Buat Persib

Ucapan Djanur soal Final Ideal Biru vs Biru Bikin SFC Panas

Jafri Sastra Berlabuh di Mitra Kukar

Video Populer

Foto Populer