Sukses


Kata-kata Ridwan Kamil Bikin Sejuk Bobotoh dan Warga Jakarta

Bola.com, Bandung- Wali kota Bandung, Ridwan Kamil, tak bisa menyaksikan Persib Bandung berlaga pada final Piala Presiden 2015 melawan Sriwijaya FC, Minggu (18/10/2015) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di saat yang bersamaan, Kang Emil ada agenda penting, yakni kunjungan ke Inggris. Menjelang keberangkatan bobotoh ke Jakarta, Kang Emil menulis pesan melalui akun Facebook-nya pada Rabu (14/10/2015) pukul 23.00 WIB. Inti dari pesan Kang Emil adalah bobotoh harus menjadi tamu yang baik di Jakarta, menaati peraturan, tidak melakukan tindakan provokatif sekalipun hanya ucapan.

Namun, dari sekian banyak pesan dari Kang Emil, ada satu kalimat yang membuat bobotoh terharu. Bunyi pesan tersebut adalah "Membawa perbekalan makan/minum yang cukup, minimal dua kali makan, jangan lupa cari cara untuk tetap salat."

Sontak pesan itu langsung mendapat apresiasi. Tak hanya dari bobotoh dan warga Bandung, tapi dari masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Ada juga warga Jakarta dan suporter Arema yang memberi jempol. Hingga Kamis (15/10/2015) pukul 10.30 WIB, sudah ada 21.802 orang yang memberi jempol. Sementara, 2.629 di antaranya menyebarkan lalu 1.556 orang mengomentari status Kang Emil ini. Semua komentar berdana positif dan haru. 

Welcome Jakarta. Ane orang Tanah Abang mendukung terus final piala presiden yang aman dan kondusif.. bangkit suporter indonesia. Kita semua bersaudara jangan sampai ada pertumpahan darah.. naudzubillah.. salam damai INDONESIA.. GBU Persib bandung dan Sriwijaya FC.. amiinn Allahuma amiin," demikian komentar dari akun Tony 'Cogan' Cool'.

Komentar tersebut langsung mendapat apresiasi dari para bobotoh. Tak sedikit akun yang mengaku Jakmania juga berkomentar dengan nada positif. Salah satu contohnya, "The Jak siap menunggu kedatangan saudara kami Viking cintai damai karena damai itu indah @JakSchool31 Rawamangun." Komentar itu ditulis Yudha Mardiansyah dan langsung mendapat apresiasi bagus dari bobotoh. 

"Nasihat beliau yang ane suka >> Jangan lupa cari cara untuk tetap shalat." Komentar dari akun bernama Kiswah ini mendapat jempol paling banyak, yakni mencapai 914 orang.

Berikut isi pesan dari Ridwan Kamil:

Tadi sore menyampaikan masukan-masukan untuk bobotoh Persib yang akan berangkat ke Jakarta untuk mendukung Persib di Final Piala Presiden 2015.

Bobotoh dan fans klub bola lainnya harus bertekad menjaga kondusivitas, keamanan dan kebersihan Kota Jakarta yang menjadi tuan rumah.

1. Harus menjadi tamu yang baik, taat aturan dan tidak melakukan tindakan/ucapan provokatif.
2. Aparat keamanan akan maksimal menjaga keamanan rute pergi/pulang dan saat pertandingan.
3. Membawa perbekalan makan/minum yang cukup, minimal 2 kali makan. Jangan lupa cari cara untuk tetap shalat.
4. Pergi pulang berkoordinasi dengan pihak keamanan yang ditunjuk.
5. Kalah menang diterima dengan lapang dada.

Kita berharap Piala Presiden ini bisa tertib lancar dan tidak ada kendala. Yang menang jangan sombong, yang kalah jangan pundung dan berang.

Kita harus menunjukkan bahwa sepakbola itu adalah media untuk mempersatukan, bukan untuk memecah belah. Kita harus meneladani liga Eropa yang baik dari sisi kompetisi, fairplay, sponsorsip maupun kultur damai fans klub bolanya.

Mari renungi dengan jernih hakikat dari sepakbola itu sendiri yaitu: Hidup itu tentang kerja keras berkompetisi, tentang semangat meraih tujuan, tentang mencari strategi terbaik, tentang kekompakan melawan keegoisan dan tentang sportivitas dalam kedamaian.

Mari lahirkan kultur kompetisi sepakbola yang kompetitif namun selalu damai.

Hatur Nuhun.

Baca Juga:

Persib Juarai Piala Presiden, Tambahan Bonus Rp 500 Juta Menanti

Persib: Stop Tulisan dan Status Provokatif di Media Sosial!

Persib Bandung vs Sriwijaya: Rekor Pertemuan Memihak Persib

Video Populer

Foto Populer