Sukses


Skuat Persib Mirip Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2014

Bola.com, Jakarta - Tim Persib Bandung memiliki kemiripan dengan timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2014. Apa kesamaan yang dimiliki tim Maung Bandung dengan timnas yang berjuluk Los Ticos itu?

Kesamaan itu bukan soal performa tim di lapangan, melainkan urusan di luar lapangan. Anak-anak asuhan Djadjang Nurdjaman memiliki penampilan rapi di luar lapangan, sama halnya dengan Bryan Ruiz dkk. Firman Utina cs. diwajibkan senantiasa menjaga penampilan luar, tidak boleh berpenampilan semerawut.

Sebagai contoh, saat bersama sebagai tim, untuk kegiatan di luar lapangan para pemain diwajibkan mengenakan pakaian seragam lengkap dengan sepatu kets. Agar terlihat lebih gaya, beberapa pemain menambahkan topi atau perhiasan sebagai aksesori.

Kebiasaan tersebut mulai diwajibkan saat Djadjang Nurdjaman jadi arsitek Persib pada 2012. Rupanya, pelatih Maung Bandung tersebut merupakan sosok di balik pencetusan penampilan rapi Tim Pangeran Biru di mana pun Atep dkk. berada.

bola.com yang mengikuti Persib secara eksklusif jelang partai final Piala Presiden 2015 melihat seluruh pemain mematuhi 'aturan' itu. Zulham Zamrun cs. selalu berpakaian seragam dan memakai sepatu kets saat melakukan aktivitas di luar lapangan.

"Kebiasaan ini yang mencetuskan Pak Djadjang. Memang kami budayanya seperti ini, rapi. Jadi, penampilan pemain lebih terlihat profesional," ungkap bek tengah Persib, Abdul Rahman, kepada bola.com, di hotel tempat tim Pangeran Biru menginap, Jakarta, Sabtu (17/10/2015).

Aturan yang diterapkan Persib ini mengingatkan timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2014. Pasalnya, sang pelatih, Jose Luis Pinto, mewajibkan para pemainnya agar berpenampilan rapi.

Seluruh pemain timnas Kosta Rika diwajibkan memakai pakaian yang seragam saat berada di luar lapangan. Sepatu kets pun wajib digunakan pemaintimnas Kosta Rika di manapun berada, termasuk di hotel. Pemain juga diwajibkan tampil wangi dengan selalu berparfum.

"Kami melakukan itu semua agar pemain mendapatkan berkah dan dilindungi Tuhan serta tampil percaya diri," kata Jose Luis Pinto, dalam sebuah kesempatan kepada media.

Baca Juga :

Malam Sebelum Final, Pemain Persib Santai dan Bertemu Bos PT PBB

Jelang Final, Pemain Persib Kompak Pakai Topi 'Ngeri Lur'

Intip Aksi Narsis Kaca Ponsel ala Striker Persib Ilija Spasojevic

Video Populer

Foto Populer