Sukses


Ketiban Durian Runtuh, Tim Andik Vermansah Main di Piala AFC Lagi

Bola.com, Jakarta - Keputusan Komite Eksekutif Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), yang menggelar pertemuan pada Selasa (24/11/2015) malam, tidak hanya menghasilkan peluang bagus untuk T-Team, klub yang dilatih Rahmad Darmawan di Malaysia Premier League 2016.

Selangor FA, yang dihuni pemain berbakat Indonesia, Andik Vermansah, juga bak kejatuhan durian runtuh karena bisa tampil di Piala AFC 2016. Sesuai regulasi, Selangor FA, yang finis di peringkat ketiga di akhir musim MSL 2015 di bawah Johor Darul Ta'zim (juara) dan Pahang FA (runner-up), tidak berhak mewakili Malaysia dan tampil di Piala AFC.

Namun, keberuntungan tampil di turnamen elite di kawasan Asia itu datang setelah poin akhir Pahang FA dikurangi FAM. Keputusan pengurangan sebanyak enam poin itu sebagai sanksi atas kasus kegagalan Pahang FA melunasi gaji pemain asing mereka, Mohammed Borji, pada 2013.

Borji lantas mengadukan kasusnya itu ke FIFA. Seperti dikutip laman Fourth Official, Rabu (25/11/2015), FIFA diketahui sudah mengirimkan surat hingga tiga kali ke Pahang FA terkait masalah ini, namun tidak mendapatkan respons. 

Sanksi pengurangan enam poin itu membuat Pahang FA, yang semula mengumpulkan poin 44 berkurang jadi 38, atau berselisih satu poin dengan Selangor FA yang semula finis di urutan ketiga dengan 39 poin. Dengan begitu, posisi klub berjulukan Raksasa Merah (The Red Giants) itu naik ke peringkat dua atau jadi runner-up MSL 2015.

"Imbas dari sanksi itu, status Pahang untuk mewakili Malaysia di Piala AFC musim depan tidak berlaku lagi dan kami menunjuk Selangor FA sebagai satu dari dua wakil ke turnamen itu," ujar Datuk Seri Afandi Hamzah, Wakil Presiden FAM, seperti dikutip di situs Berita Harian.

Keputusan itu membuat Selangor FA, kembali ke pentas Asia setelah absen setahun lamanya. Buat Andik, Piala AFC 2016 akan jadi yang kedua buatnya karena pada 2014 ia sudah tampil di turnamen ini, juga bersama Selangor FA.

Data yang termuat di situs resmi klub per Rabu (25/11/2015), menyebutkan Andik tampil di dua pertandingan Piala AFC 2014 dengan catatan 180 menit bermain, tanpa mengemas satu gol pun. Pada tahun itu kiprah tim dengan jersey kuning-merah itu terhenti di babak penyisihan Grup F.

Kontrak Andik Vermansah dikabarkan berakhir pada November ini. Namun, melihat performa apik yang ditampilkan pemain kelahiran 23 November 1991 itu, besar kemungkinan ia akan ditawari perpanjangan kontrak. Dalam beberapa kesempatan, Andik juga menegaskan masih berminat membela Selangor FA.

Saat ini Selangor FA masih berjuang memenangi Piala Malaysia 2015. Di pertandingan terakhir yang dijalani, perempat final leg pertama, Selasa (24/11/2015), mereka mengalahkan Sarawak di kandang lawan dengan skor 2-1.

Video Populer

Foto Populer