Sukses


5 Aksi Kontroversial Ferdinand Sinaga

Bola.com, Jakarta - Ferdinand Sinaga kembali jadi perhatian. Kali ini, striker Sriwijaya FC itu jadi pemberitaan karena perilakunya seusai pertandingan saat Sriwijaya FC takluk 0-1 dari Persija Jakarta dalam lanjutan Grup B Piala Jenderal Sudirman di Stadion Kanjuruhan, Malang, Rabu (25/11/2015).

Pada laga kemarin, Ferdinand mengamuk karena diejek suporter seusai pertandingan. Kemarahan Ferdinand merupakan akumulasi dari rasa kecewanya atas kinerja wasit, Iwan Sukoco.

Selain aksi tersebut, masih ada beberapa aksi kontroversial Ferdinand sepanjang kariernya, termasuk aksi memanjat pagar pembatas stadion yang membuatnya kehilangan kepercayaan dari pelatih timnas di Piala AFF 2014, Alfred Riedl.  

1. Hina Suporter

Ferdinand Sinaga pernah melakukan aksi kontroversial saat masih berkostum tim Divisi Utama, PPSM Magelang pada 2010. Aksi tak simpatik itu dilakukan Ferdinand saat menghadapi tuan rumah, Persis Solo.

Terpancing ejekan suporter sepanjang laga, Ferdinand melakukan aksi yang tak terduga. Ia memelorotkan celananya dan memamerkan bokong di depan tribune suporter seusai pertandingan.

2. Dihukum karena Memaki Wasit

Ferdinand Sinaga memaki wasit dengan kata-kata kotor saat masih berkostum Persib Bandung, 16 Februari 2014. Akibat kata-kata tak pantas yang dikeluarkan kepada wasit saat pertandingan melawan Semen Padang, Ferdinand Sinaga kena sanksi larangan tampil selama dua pertandingan oleh Komisi Disiplin PSSI.

2 dari 3 halaman

1

3. Aksi Panjat Pagar Pembatas Stadion Utama GBK

Tindakan tak terpuji kembali dilakukan Ferdinand Sinaga saat timnas beruji coba dengan ASEAN All Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 11 Mei 2014. Kesal mendengar ejekan oknum suporter, Ferdinand kemudian melakukan aksi panjat pagar Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Gara-gara aksinya itu, Ferdinand kehilangan kepercayaan dari pelatih Timnas, Alfred Riedl. Setelah aksi panjat pagar itu, mantan pemain Persiwa Wamena mengaku kapok dan akan mengurangi sikap emosionalnya.

4. Berselisih dengan M. Ridwan

Saat final Indonesia Super League tahun 2014 melawan Persipura, Ferdinand sempat berselisih dengan sesama pemain Persib Bandung, M. Ridwan karena tensi tinggi pertandingan. Peristiwa yang terjadi di masa perpanjangan waktu itu terekam dengan jelas oleh kamera televisi.

Striker berkaki kidal itu juga sempat terlihat menumpahkan kekesalan kepada pelatih Djajang Nurdjaman. Namun, Djanur hanya menanggapi dingin protes yang dilakukan Ferdinand.

3 dari 3 halaman

2

5. Ngamuk Diejek Suporter

Aksi kontroversial paling anyar dilakukan Ferdinand seusai Sriwijaya FC takluk 0-1 dari Persija Jakarta, 25 November 2015. Kecewa dengan kinerja wasit Iwan Sukoco, penggawa timnas itu menendang menendang gunmic (mikrofon pinggir lapangan). Setelah itu, dia mengejar wasit Iwan Sukoco untuk melampiaskan amarah dengan memaki wasit asal Jawa Timur itu.

Penyerang 26 tahun ini sempat ditenangkan pihak kepolisian. Namun, emosinya belum mereda. Pasalnya, Ferdinand juga diteriaki oleh suporter dari tribune VVIP.

Melihat sekelompok suporter remaja meneriaki, Ferdinand hendak mengejarnya ke tribune. Beruntung pihak keamanan bisa menahan laju Ferdinand Sinaga dan langsung dibawa ke ruang ganti. Padahal dia sudah berlari sampai pintu masuk VVIP.

Video Populer

Foto Populer