Sukses


Rencana Besar Semen Bosowa di Balik Sulawesi Super League 2016

Bola.com, Makassar - Sulawesi Super League (SSL) 2016 yang digagas Forum Wartawan Olahraga Makassar disambut antusias oleh tim-tim amatir Makassar dan sekitarnya. Hal itu diungkap Sri Syahril, ketua panpel SSL 2016 mengungkapkan, meski baru akan membuka pendaftaran pada Senin (14/12/2015), sudah enam tim yang mengajukan diri sebagai peserta.

"Kami membatasi maksimal 16 tim agar persaingan lebih ketat," ujar Sri kepada bola.com, Rabu (9/12/2015).

Ada dua faktor yang membuat SSL diminati. Pertama, panpel menyediakan total hadiah Rp.100 juta. Kedua, pemain yang tampil mendapat kesempatan masuk skuat Semen Bosowa U-21 yang rencananya jadi cikal bakal pemain masa depan PSM Makassar.

"Dari SSL 2016, kami akan mencari 30 pemain yang akan kami kontrak secara profesional selama empat tahun," ujar Sumirlan, Direktur Pemasaran Semen Bosowa, sponsor utama PSM.

Sumirlan menambahkan, pemain Semen Bosowa U-21 selanjutnya akan didorong ke PSM. Kalau tidak terpakai skuat Juku Eja, pihaknya akan menyalurkan pemain ke klub lain. Semen Bosowa U-21 akan ditangani oleh Syamsuddin Batola, Basri Badusalam, dan Budiman Buswir yang sebelumnya jadi asisten Liestiadi Sinaga saat PSM Makassar mengikuti Piala Jenderal Sudirman.

Di sisi lain, Syahril menjelaskan aturan umum SSL 2016, di mana batas maksimal usia pemain adalah kelahiran 1 Januari 1995. "Tapi, kami memberikan kelonggaran buat setiap tim memakai tiga pemain senior yang usianya maksimal 25 tahun," ungkap Syahril.

Seluruh partai SSL akan berlangsung di Lapangan Karebosi, 15 Januari sampai 15 Maret 2016. "Kami hanya menggelar partai setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tujuannya agar setiap tim punya banyak waktu untuk recovery," papar Syahril.

Syahril menambahkan, sumber dana panpel sebagian besar berasal dari Semen Bosowa sebagai sponsor utama. "Kami juga menjajaki kerjasama dengan sejumlah instansi dan perusahaan untuk membantu operasional panpel," jelas Syahril.

Sementara, pelatih klub Bina Asih, Arman Arsyad mengungkapkan, meski belum mendaftar secara resmi, pihaknya sudah menggelar TC mulai Rabu (7/12/2015). Klub asal Takalar ini memakai jasa pemain eks tim Porda.

"Mereka sudah lama tampil bersama. Termasuk jadi runner-up di Piala Walikota Makassar," jelas Arman.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer