Sukses


Statistik Kecemerlangan Andritany Ardhiyasa Jaga Asa Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta membuka peluang lolos ke babak semifinal Piala Jenderal Sudirman (PJS) dalam laga hidup mati melawan PS TNI pada Selasa (15/12/2015).

Tim asal ibu kota ini berhasil mengungguli PS TNI dengan kedudukan akhir 1-0 melalui gol semata wayang Raphael Maitimo jelang akhir pertandingan melalui titik putih.

Setelah sama-sama kalah di pertandingan pertamanya, kedua kesebelasan ini mutlak membutuhkan kemenangan dalam laga yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, tersebut.

Meski gol Maitimo yang menjadi penentu kemenangan Persija, sosok Andritany Ardhiyasa layak dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam laga ini.

Melawan PS TNI yang kerap memeragakan permainan menyerang sejak babak penyisihan grup, Andritany beberapa kali melakukan penyelamatan penting untuk mengamankan gawang dari kebobolan.

Mantan penjaga gawang Tim Nasional U-23 ini tercatat melakukan 5 penyelamatan dalam laga tersebut, termasuk aksi penyelamatan gemilangnya menepis tendangan keras Wiganda Pradika di akhir pertandingan.

Jalannya laga ini memang didominasi oleh anak asuh Suharto AD, yang menguasai penguasaan bola dengan persentase 69%. Selain karena memang PS TNI selalu tampil agresif, Persija harus kehilangan kapten Ismed Sofyan akibat hukuman kartu kuning kedua, tidak lama setelah turun minum.

Namun, berkat kesigapan Andritany dan kokohnya barisan pertahanan yang dikawal Maman Abdurrahman, tim Macan Kemayoran berhasil menahan gempuran PS TNI.

Selain 5 kali jatuh bangun melakukan aksi penyelamatan, Andritany juga tercatat melakukan 3 intersep dalam pertandingan ini.
Dari 4 pertandingan yang sudah dilalui, kiper bernomor punggung 26 ini total sudah melakukan 15 kali penyelamatan dengan baru kebobolan 3 kali di pertandingan melawan Mitra Kukar (12/12).

Itu berarti, Andritany punya persentase penyelamatan gawang sebesar 83%. Angka persentase tersebut sejajar dengan Jandia Eka Putra (Semen Padang) dan I Made Kadek Wardhana (Arema). Uniknya, ketiga kiper tersebut sama-sama mengoleksi 3 kali clean sheet sejauh ini di PJS.

3 poin yang diraih Persija melalui kemenangan dalam laga ini menghidupkan peluang Persija untuk merebut tiket ke semifinal. Melawan semen padang nanti, penampilan sigap Andritany kembali dibutuhkan oleh pelatih Bambang Nurdiansyah.

Video Populer

Foto Populer