Sukses


Latihan, Rekreasi, dan Kerja Bakti di Pantai ala PSM

Bola.com, Makassar - Manajemen PSM Makassar punya kiat tersendiri untuk menyiasati kejenuhan pemain setelah melahap latihan fisik dan taktik selama dua pekan. Apalagi PSM absen pada turnamen yakni Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bhayangkara 2016.

Pada Sabtu (26/3/2016) pukul 07.00 WITA, dipimpin Ramli Manong, media officer PSM, rombongan tim Juku Eja yang terdiri dari pemain, pelatih, dan ofisial bertolak meninggalkan mes pemain. Mereka menuju pelabuhan rakyat Kayu Bangkoa.

Di sana sudah terparkir tiga kapal cepat yang siap membawa Syamsul Chaeruddin dkk. ke Pulau Panambungan. Untuk mencapai pulau yang berada di kawasan gugusan luar Makassar itu memakan waktu sampai satu setengah jam.

Sesampai di pulau, pelatih Luciano Leandro langsung menggenjot fisik pemainnya selama hampir satu jam. "Hanya latihan ringan saja teman untuk menjaga kondisi," ujar Luciano kepada bola.com.

Di Pulau Panambungan, skuat Juku Eja tidak hanya berlatih, manajemen PSM dan Luciano memberi tugas kepada pemain bekerja sama dengan penduduk setempat untuk membersihkan pulau.

Meski sedikit kelelahan, pemain mengaku menikmatinya. Apalagi, sambutan penduduk pula sangat hangat dan antusias menyambut kehadiran pemain. "Saya senang pemain bisa berbaur dengan penduduk," ungkap Luciano.

Sebagai hadiah kerja keras pemain, usai latihan dan membersihkan pulau, pemain dipersilakan menikmati hangatnya air laut dan pasir putih Pulau Panambungan. Setelah itu mereka disuguhi makanan laut seperti ikan cepa, udang, dan cumi-cumi.

"Saya senang melihat wajah puas pemain. Saya berharap pemain bisa fresh kembali saat kembali berlatih Senin (28/3/2016) nanti," papar Luciano.

Gelandang asal  Brasil, Alex Silva, mengaku sangat terkesan dengan rekreasi pantai yang diadakan manajemen. "Saya sangat menikmati keindahan pulau ini. Saya puas dan senang. Apalagi selama ini saya hanya latihan dan tinggal di hotel selama di Makassar," ungkap mantan gelandang timnas Brasil U-20 ini.

 

Video Populer

Foto Populer