Sukses


Timnas U-19 Petik Kemenangan Perdana di Piala AFF 2016

Bola.com, Hanoi - Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan perdana di Piala AFF U-19 2016. Tiga gol yang dicetak Pandi Lestaluhu, Saddil Ramdani, dan Muhammad Rafli berhasil membawa Indonesia menang 3-1 atas Laos di Vietnam Youth Training Center, Hanoi, Minggu (18/9/2016). 

Timnas Indonesia U-19 unggul lebih dulu atas Laos di laga ini. Percobaan ketiga Pandi menembak ke gawang Laos berhasil mengoyak jala gawang yang dikawal Saymanolinh Praseuth pada menit ke-20. Pandi  melepaskan tembakan first time usai menerima umpan Saddil. 

Namun, hanya dalam waktu lima menit giliran gawang Awan Setho yang kebobolan. Melalui situasi sepak pojok, gelandang Laos, Vanna Bounlovongsa, sukses menanduk bola di depan gawang Timnas Indonesia U-19.  Sundulan Bounlovongsa tak mampu dihalau Awan Setho.

Timnas Indonesia U-19 kembali unggul dua menit sebelum babak pertama usai. Saddil Ramdani lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan terobosan dan tanpa keraguan langsung melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu dihalau oleh Saymanolinh Praseuth. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Indonesia pun bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Tim asuhan Eduard Tjong itu hampir saja memperbesar keunggulan pada menit ke-61. Sayangnya, tendangan bebas yang dilepaskan oleh Bagas Adi Nugroho membentur tiang gawang Laos. Muhammad Alwi Slamat yang mendapat bola liar mencoba menembak bola dari jarak dekat, namun tembakannya masih jauh di atas gawang Laos.

Timnas Indonesia U-19 sukses menambah keunggulan pada menit ke-84. Muhammad Rafli mendapatkan umpan terobosan dan tinggal berhadapan dengan Saymanolinh Praseuth yang maju meninggalkan gawangnya. Rafli berhasil mengecoh kiper Laos itu dan walau sempat tergelincir akhirnya berhasil menjebol gawang Laos yang tak terkawal.

Keunggulan 3-1 untuk Pandi Lestaluhu dkk. akhirnya bertahan hingga laga usai. Timnas Indonesia U-19 pun sukses meraih tiga poin pertama di Grup B Piala AFF U-19 2016. Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-19 saat ini berada di posisi kelima dari enam tim yang berada di Grup B dengan tiga poin.

Susunan pemain

Laos U-19 (4-5-1): Saymanolinh Praseuth; Khamphanh Sonthanalay, Santi Somphoupheth, Bounphitnak Chanthalangsy, Piyaphong Pathammavong; Lathasay Lounlasy, Thanin Phanthavong, Vanna Bounlovongsa, Vaithaya Sisongkham, Maitee; Sinthanong Phanvongsa

Pelatih: Khamphay Pasmuth

Indonesia U-19 (4-4-2) : Awan Setho Raharjo; Jujun Saepuloh, Arizky Wahyu Satriya, Andi Setyo Nugroho, Satria Wardana; Pandi Lestaluhu, Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Alwi Slamat, Saddil Ramdani; Dimas Drajad, Edo Febriansah

Pelatih: Eduard Tjong

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer