Sukses


Timor Leste Tak Menyangka Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Bola.com, Hanoi - Pelatih Timor Leste, Shiego Yamazaki, terkejut dengan keberhasilan timnya melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 2016. Hal ini lantaran Timor Leste bukan tim unggulan di turnamen kali ini.

Tim berjuluk O Sol Nascente lolos dengan menyandang status runner-up Grup A berkat koleksi sembilan pemain dari empat pertandingan. Posisi tersebut ditempati Timor Leste setelah di laga terakhir mengalahkan Singapura 2-0 di Vietnam Youth Football Training Centre, Hanoi, Senin (19/9/2016).

Dengan kemenangan tersebut, Timor Leste berhak mendampingi Vietnam yang menempati posisi puncak klasemen akhir Grup A ke semifinal. Keberhasilan Timor Leste juga membuat Malaysia yang lebih difavoritkan untuk lolos, harus angkat koper di penyisihan grup.

"Saya tidak pernah sekalipun memikirkan babak semifinal," kata Yamazaki seusai laga terakhir penyisihan grup melawan Singapura.

"Hari ini kami tidak bermain baik tapi kami melakukan upaya yang cukup untuk memenangi pertandingan. Di semifinal, kami harus bermain lebih baik dari ini," ia melanjutkan.

Sukses Timor Leste melaju ke semifinal menjadi yang kedua kalinya sepanjang partisipasi mereka di turnamen antarnegara di wilayah Asia Tenggara ini. Tahun 2013, Timor Leste juga lolos ke semifinal setelah menjadi juara grup dalam turnamen yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur.

Namun, langkah tim yang kala itu ditukangi Norio Tsukitate terhenti oleh Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri yang muncul sebagai juara di akhir turnamen. Timor Leste harus mengakui keunggulan Evan Dimas dkk. dengan skor 0-2.

Meski gagal melangkah ke partai puncak, Timor Leste ketika itu tetap bisa pulang dengan kepala tegak setelah mengalahkan Laos 4-2 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2013.

 

Video Populer

Foto Populer