Sukses


Piala AFF U-19: Kejutan, Malaysia Takluk dari Timor Leste

Bola.com, Hanoi - Timor Leste membuat kejutan pada laga ketiga mereka di penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2016. Di luar dugaan, tim asuhan Shigeo Yamazaki mengecundangi Malaysia 3-2 di lapangan Youth Football Training Centre, Hanoi, Sabtu (17/9/2016).

Timor Leste yang sebelumnya menelan kekalahan telak 1-4 dari Vietnam, unggul lebih dahulu 2-0 di pertandingan ini berkat gol yang dicetak, Frangcyatma Ima Keli pada menit ke-32 dan ke-36. Namun, Malaysia berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol, Muhd Jafri Chew hanya satu menit jelang turun minum.

Memasuki babak kedua, Malaysia yang mengincar kemenangan ketiga beruntun untuk memastikan lolos ke semifinal, berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 setelah Muhd Danial Ashraf Abdullah mencetak gol pada menit ke-58.

Timor Leste yang bermain tanpa beban tidak tinggal diam. Hasilnya, mereka kembali unggul 3-2 lewat gol yang dijaringkan, Gelvanio Alberto pada menit ke-71. Gol itu menjadi yang terakhir di pertandingan ini.

Seusai laga, asisten pelatih Malaysia, Aminuddin Hussein mengungkapkan persiapan yang buruk menjadi penyebab kekalahan mengejutkan dari Timor Leste pada laga ketiga penyisihan Grup C Piala AFF U-19. "Kami sama sekali tidak berlatih sebelum datang ke sini, jadi apa yang Anda harapkan?," kata Aminuddin.

"Kami mendapatkan sedikit masalah dengan adanya pemain yang cedera dan kondisi itu memaksa kami untuk mengubah susunan pemain inti. Kami memiliki kemampuan teknis tapi tidak dengan konsistensi," ia melanjutkan.

 

2 dari 2 halaman

Kemenangan Bersejarah

Di sisi lain, Yamazaki tak bisa menutupi kegembiraannya bisa membawa Timor Leste mengalahkan Malaysia. Kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi mereka sejak pertama kali berpartisipasi tahun 2005.

"Tak mudah untuk memprediksi sebelum laga jika kami akan mengalahkan Malaysia. Kami punya kemampuan dan saya katakan kepada pemain kalau bahwa mereka hanya perlu bekerja keras dan mencari celah untuk mencetak. Itulah yang kami lakukan hari ini," ucapnya penuh kebahagiaan.

Di pertandingan lain, Singapura berhasil mengalahkan Filipina dengan skor tipis 2-1. Kemenangan yang diraih Singapura ini membuat persaingan untuk lolos ke semifinal dari Grup A masih sengit.

Saat ini, Vietnam yang menempati puncak klasemen masih punya peluang paling besar untuk lolos. Selain itu, tiga tim yang berada di bawahnya, yakni Malaysia, Timor Leste, dan Singapura juga masih punya peluang yang sama.

Keempat tim ini akan melakoni partai hidup mati untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF U-19 2016 pada Senin (19/9/2016). Pada laga terakhir, Singapura akan bersua Timor Leste sedangkan Vietnam meladeni Malaysia.

Sumber: The Star, AFF

Video Populer

Foto Populer