Sukses


Piala AFF U-19: Hancurkan Thailand, Australia Rengkuh Gelar Ke-4

Bola.com, Hanoi - Australia meraih gelar keempat mereka di Piala AFF U-19. Hasil itu tercipta usai tim berjuluk Young Socceroos menghancurkan Thailand 5-1 dalam laga final Piala AFF U-19 2016 di Stadion Hang Day, Hanoi, Sabtu (25/9/2016).

Tim yang diarsiteki Ufuk Talay menambah gelar juara yang sebelum diraih pada 2006, 2008, dan 2010, sekaligus menyamai raihan gelar Thailand. Selain itu, kemenangan ini menjadi pembalasan sempurna bagi Australia setelah takluk 1-5 dari lawan yang sama di penyisihan grup.

"Kami melakukan perubahan kecil terhadap tim yang bermain melawan Thailand sebelumnya, di mana kami banyak bermain melebar untuk membuat lebih banyak ruang bagi para gelandang," kata Talay seusai pertandingan.

"Kami senang bermain di turnamen Piala AFF karena dalam dua pekan, kami mendapatkan tujuh pertandingan berkualitas yang bisa kami bawa ke Bahrain (putaran final Piala Asia U-19)," ia menambahkan.

Sinyal Australia muncul sebagai juara di Piala AFF U-19 2016 sudah terlihat sejak babak pertama. Tim dari Negeri Kangguru berhasil unggul 1-0 melalui Keanu Baccus saat pertandingan baru berjalan 11 menit.

Sembilan menit berselang, Australia memperbesar skor menjadi 2-0 berkat gol yang dicetak, Steve Kuzmanovski. Skor tersebut bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Thailand yang sudah tertinggal bermain lebih menyerang. Namun, cara bermain tersebut justru membuat celah di pertahanan yang mempermudah Australia untuk mencetak tiga gol tambahan di pertandingan ini.

Australia berhasil mencetak tiga gol tambahan lewat gol yang dijaringkan George Blackwood (73'), Joseph Champness (75'), dan gol kedua Kuzmanovski (77'). Sementara itu, Thailand yang berstatus juara bertahan Piala AFF U-19 hanya mampu membalas melalui gol pemain pengganti, Jakkit Wakkpirom pada menit-menit akhir pertandingan.

 

Video Populer

Foto Populer