Sukses


Piala AFF U-19: Thailand dan Australia Lolos ke Semifinal

Bola.com, Hanoi - Thailand dan Australia memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2016. Thailand muncul sebagai juara grup sedangkan Australia finis sebagai runner-up Grup B.

Thailand memastikan lolos ke semifinal setelah bermain 1-1 dengan Myanmar pada laga terakhir penyisihan grup di Stadion Hang Day, Hanoi (20/9/2016). Tambahan satu poin membuat tim Negeri Gajah Putih memuncaki klasemen akhir Grup A dengan 13 poin.

Namun begitu, Thailand meraih hasil imbang melawan Myanmar dengan susah payah. Sang juara bertahan justru tertinggal 0-1 lebih dahulu setelah pemain mereka, Ariyapol Chanson, mencetak gol bunuh diri pada menit ketujuh.

Pada babak kedua, Thailand yang tak ingin dipermalukan, memasukkan dua pemain pilar, Supachai Chaided dan Sansem Limwatthana. Hasilnya, Supachai berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 saat babak kedua baru berjalan 13 menit.

Ia melepaskan tembakan yang tidak mampu dibendung kiper Myanmar, Sann Say Naing. Gol dari Supachai itu menjadi yang terakhir dalam duel kedua tim.

Di laga lain, Australia justru tertinggal lebih dahulu dari Laos setelah Santi Somphoupeth mencetak gol pada menit ke-44. Skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Australia yang tidak mau malu akhirnya bisa menyamakan skor melalui, John Scott pada menit ke-73. Setelah itu, gol kemenangan Australia berhasil diciptakan Raymond Blackwood lewat titik penalti pada menit ke-85. Australia pun lolos ke semifinal Piala AFF U-19 dengan status runner-up Grup B.

 

2 dari 2 halaman

Babak Semifinal Piala AFF U-19

Di semifinal, Thailand akan bersua runner-up Grup A, Timor Leste yang secara mengejutkan lolos ke semifinal Piala AFF U-19. Sedangkan Australia akan berjumpa salah satu lawan berat, Vietnam. 

Duel Thailand kontra Timor Leste dan Australia melawan Vietnam akan berlangsung di Stadion Hang Day pada 22 September. Laga Thailand vs Timor Leste akan berlangsung jam 16.00 WIB dilanjutkan pertandingan Australia vs Vietnam jam 19.00 WIB.

Keberhasilan Timor Leste melaju ke semifinal didapat setelah mengalahkan Filipina 2-1 pada laga terakhir Grup A, Senin (19/9/2016). Timor Leste finis sebagai runner-up dengan mengoleksi sembilan poin dari empat pertandingan.

Lolos ke babak semifinal Piala AFF menjadi yang kedua bagi Timor Leste. Pada Piala AFF U-19 2013, Timor Leste juga menembus semifinal, namun langkah mereka terhenti setelah takluk dari Timnas Indonesia yang akhirnya menjuarai turnamen yang digelar di Sidoarjo tersebut.

Sementara itu, Vietnam jadi tim yang tidak terkalahkan di penyisihan grup. Dari empat pertandingan, Vietnam hanya sekali bermain imbang saat ditahan Singapura 0-0. Sisanya, Vietnam berhasil mengalahkan Timor Leste (4-1), Filipina (4-3), dan Malaysia (3-1).

Video Populer

Foto Populer