Sukses


2 Pelatih Kawakan Yakin Timnas Indonesia Mampu Imbangi Vietnam

Bola.com, Surabaya - Setelah melakoni tiga laga uji coba, yakni melawan Malaysia, Vietnam, dan Myanmar, Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba keempat. Untuk uji coba kali ini, giliran Timnas Garuda yang menyambangi markas Vietnam di Hanoi, Selasa (8/11/2016).

Tidak sedikit mantan pemain timnas sekaligus pengamat sepak bola nasional yang memercayai laga ini lebih berat ketimbang tiga laga sebelumnya. Pasalnya, penampilan Vietnam lebih trengginas jika tampil di negaranya sendiri.

"Saya dua kali ke Vietnam, dan saya tahu persis seperti apa jika mereka main di depan publiknya. Di pertemuan pertama saja, mereka tampil sangat bagus dan bisa menahan Timnas Indonesia 2-2," ujar Rudy Keltjes, pelatih PON tim Sumsel di PON Jabar 2016.

Mantan bintang Timnas Indonesia di era 1980-an dan NIAC Mitra itu menilai kelebihan Vietnam jika tampil di kandang adalah semangat juang serta mentalitas yang sangat besar. Kendati begitu, Rudy optimistis Timnas Garuda bisa mengimbangi Vietnam.

Alasannya, ada perkembangan yang sangat bagus dari mental bertanding anak buah Alfred Riedl dari uji coba pertama hingga ketiga melawan Myanmar lalu.

"Mereka tak kenal menyerah. Saya salut pada mereka karena tidak terlihat mengendur meski dalam posisi lebih banyak tertekan maupun tertinggal sekali pun," ujar Rudy.

Selain faktor itu, pelatih 63 tahun itu melihat teknik dan fisik pemain Timnas Merah-Putih juga sangat bagus. Sebagai bukti, mereka mampu bermain dalam tempo tinggi dan bersemangat pada dua uji coba terakhir melawan Vietnam dan Myanmar.

"Saya tidak sepakat jika ada anggapan stamina pemain Timnas Indonesia tidak bagus. Buktinya, saat tertinggal 0-2 dari Vietnam lalu, penampilan Timnas justru lebih bagus. Bahkan mereka bisa bermain cepat sampai laga bubar. Begitu juga saat bertemu Myanmar," ulasnya.

Tidak hanya Rudy, Joko Malis juga melihat ada perkembangan yang cukup signifikan pada mentalitas dan kekompakan Timnas Garuda. Hal itu terlihat saat Boaz Solossa dkk bisa menahan 0-0 Myanmar (4/11/2016).

2 dari 2 halaman

Hasil realistis

Meski Joko juga melihat Timnas Vietnam lebih bagus ketimbang Myanmar, terutama soal daya juang untuk memenangi pertandingan serta kekompakan timnya.

"Laga melawan Vietnam memang lebih berat dari tiga uji coba sebelumnya. Namun kalau pemain kita bisa bermain tenang dan sabar, saya yakin bisa mengimbangi Vietnam," tutur Joko.

Menurutnya, Vietnam akan tampil dominan dan agresif di pertandingan nanti. Dengan mengandalkan kecepatan serta kekompakan lantaran persiapan mereka yang lebih intens, tuan rumah akan menyulitkan Timnas Indonesia.

Hanya, jika melihat spirit besar yang diusung para pemain Timnas Indonesia di laga sebelumnya, ia optimistis Indonesia bisa menahan Vietnam.

"Realistisnya memang seri. Tapi kalau mereka sabar dan tidak gugup menahan gempuran Vietnam, tak tertutup kemungkinan bisa menang. Tapi, saya rasa hasil seri sudah luar biasa mengingat Vietnam unggul dalam banyak aspek," paparnya.

Joko berharap kolaborasi apik antara pemain senior dan junior yang ditunjukkan timnas di laga-laga sebelumnya kembali muncul di pertandingan nanti. Joko memuji perbedaan cara main dan mentalitas pemain timnas asuhan Alfred Riedl dengan timnas sebelumnya. Pasalnya, semua pemain menunjukkan ambisi besar.

"Yang membuat saya salut, seluruh pemain di Timnas Indonesia saat ini mau bekerja keras. Gaya main Irfan Bachdim dan Andik Vermansah juga berubah. Sekarang mereka jauh lebih ngotot, agresif, dan tidak egois. Irfan yang dulu flamboyan, sekarang garang. Andik yang dikenal individu, saat ini mau berbagi dan mengedepankan kolektivitas. Ini pertanda baik, semoga mereka bisa bermain seperti itu lagi," ujar Joko.

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar
    Piala AFF 2016 adalah ajang olahraga sepakbola yang digelar di Filipina dan Myanmar

    Piala AFF 2016

Video Populer

Foto Populer