Sukses


Fisik Pemain Timnas U-19 Lebih Baik Ketimbang Era Evan Dimas

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2013 silam dianggap memiliki fisik dan stamina yang mumpuni. Saat itu, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan dianggap memiliki ketahanan fisik di atas rata-rata sepak bola Eropa.

Evan Dimas pernah memiliki VO2Max tertinggi di Timnas Indonesia U-19 pada level 63. Tak ayal, Tim Garuda Jaya saat itu bisa tampil penuh tenaga hingga 90 menit, baik saat tambahan waktu maupun adu tendangan penalti.

Hanya saja, kualitas fisik Timnas Indonesia U-19 proyeksi Piala AFF U-18 2017, dianggap pelatih Indra Sjafri lebih baik. Skuat Garuda Nusantara saat ini sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta hingga akhir bulan, sebelum bertolak ke Myanmar tempat turnamen.

''Saya menilai kualitas individu pemain yang ada di tim saat ini lebih bagus. Tapi sepak bola bukan permainan individu melainkan tim. Ini yang harus ada juga,'' kata Indra Sjafri di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Indra pun tak pesimistis meski memoles Egy Maulana Vikri dkk. dengan durasi persiapan lebih mepet dibanding saat dirinya melatih Timnas Indonesia U-19, tiga tahun silam. Lebih lanjut Indra Sjafri memastikan bahwa selama pemusatan latihan tahap terakhir ini hingga keberangkatan tim ke Piala AFF U-18 2017 pada akhir Agustus nanti, pihaknya tidak akan melakukan tes fisik.

Dia mengaku sudah puas dengan fisik yang dimiliki anak asuhnya. ''Ini ujian dan tantangan bagi kami karena dengan persiapan cukup pendek dan ternyata mereka berhasil menjadi juara nanti berarti kualitas anak-anak ini lebih bagus,'' katanya.

Pelatih berusia 54 tahun yang dikenal cukup tegas ini pun optimistis trofi juara Piala AFF U-18 dapat digenggamnya. Apalagi dia menilai komposisi pemain saat ini lebih baik dibanding ketika memoles Evan Dimas Darmono cs.

''Saya anggap kualitas individu pemain yang ada di Timnas Indonesia U-19 saat ini lebih bagus. Tapi sepak bola bukan permainan individu melainkan tim. Ini yang harus ada juga,'' ujar pelatih asal Padang itu.

Video Populer

Foto Populer