Sukses


Arema Maksimalkan 3 Hal Ini Sebelum Menjamu PSM

Bola.com, Malang - Arema FC mendapat ujian berat di pekan ke-22 Liga 1, Rabu (30/8/2017). Tim Singo Edan akan ditantang PSM Makassar dalam kondisi yang kurang ideal. Dua pemain asing, yakni Arthur Rocha dan Esteban Vizcarra, absen lantaran menjalani akumulasi kartu kuning.

Namun, pelatih Arema FC, Joko 'Getuk' Susilo, tidak ingin berlarut-larut menyesali hal itu. Selain menyiapkan pemain pengganti, dia sudah punya cara lain untuk menghadapi PSM, yang dari posisi klasemen sementara berada tiga tingkat di atas Arema.

"Ada tiga hal yang perlu dimaksimalkan dalam pertandingan nanti, yaitu kemampuan, persatuan, dan semangat," jelas pelatih asal Cepu, Jawa Tengah Jitu.

Jika dirinci, faktor kemampuan maksudnya adalah skill pemain. Ini jadi hal pertama yang harus dimaksimalkan karena materi pemain Arema sebenarnya punya kualitas di atas rata-rata. Hampir di setiap posisi dihuni pemain yang pernah masuk Timnas Indonesia. Baik timnas senior maupun kelompok usia.

Sebut saja, Kurnia Meiga, Beny Wahyudi, Ahmad Alfarizi, Syaiful Indra, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Arif Suyono, Adam Alis, dan Cristian Gonzales. Skill mereka sangat bisa untuk membuat PSM Makassar kerepotan.

Faktor kedua disebut persatuan alias kekompakan tim. Setelah menang dalam dua pertandingan terakhir, kekompakan pemain Arema terlihat lebih bagus. Mereka sering bercanda dalam beberapa kesempatan. Baik pemain lokal maupun asing.

Sedangkan yang terakhir semangat atau motivasi di lapangan. Kebetulan saat ini pemain Arema dalam semangat tinggi untuk menekuk PSM Makassar karena dua pertandingan sebelumnya berhasil dimenangi Arema.

Meski masih berada di papan tengah, kemenangan melawan PSM bisa membuat tim Singo Edan mendekati papan atas.

"Jika tiga hal itu bisa dimaksimalkan, Arema bisa memetik kemenangan melawan PSM. Sekarang kondisi Arema juga berbeda dari putaran pertama. Lupakan statistik yang ada di belakang. Itu kenangan masa lalu, tidak bisa jadi ukuran. Sekarang waktunya melihat ke depan, berusaha selalu meraih kemenangan," tegas Getuk.

Maklum saat putaran pertama, catatan apik Arema runtuh di kandang PSM Makassar. Arema menyerah 0-1. Padahal, empat pertandingan awal Liga 1, Arema sekali imbang dan tiga kali menang.

Video Populer

Foto Populer