Sukses


Lisensi Klub Profesional AFC Tegaskan Legalitas Arema FC

Bola.com, Malang - PSSI sudah mengumumkan Arema FC dan Persib Bandung lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC.

Bagi Arema FC, hal ini sekaligus menegaskan legalitas yang sempat jadi perdebatan Aremania. Artinya, Arema juga punya legalitas yang sah dan diakui AFC karena ada satu klub Arema lainnya di Malang, yaitu Arema Indonesia, yang tahun ini kembali aktif dan berkompetisi di Liga 3 atau kasta terbawah kompetisi Indonesia.

Pada 2012 tim itu bermain di IPL yang sempat jadi kompetisi resmi Indonesia. Namun, manajemen Arema FC menyerahkan kepada publik agar memberikan penilaian sendiri terkait hal itu.

Faktanya, kedua tim kini sama-sama diakui dan Arema FC sekarang punya level lebih tinggi setelah mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC.

"Sebenarnya target Arema bukan sekadar untuk mendapatkan lisensi saja. Tapi, lebih pada dampak positif secara pengelolaan dan image sebagai klub profesional. Ini penting tidak hanya untuk Aremania, tapi juga untuk calon sponsor musim depan," kata Media officer Arema, Sudarmaji.

Perlu diketahui, jumlah Aremania yang hadir di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, disinyalir menurun salah satu faktornya adalah kebangkitan Arema Indonesia.

Dengan didapatnya lisensi klub profesional standar AFC kepada Arema FC, diprediksi Aremania kembali lebih banyak memberikan dukungan. Beberapa waktu lalu, sebagian Aremania hadir di Stadion Gajayana, Malang, untuk memberikan dukungan kepada Arema Indonesia.

Mereka loyal menyaksikan perjuangan di Liga 3 karena menganggap bahwa Arema Indonesia merupakan tim yang punya legalitas sebenarnya. Indikasinya, mereka memakai logo dan nama perusahaan yang sama dengan era saat belum terpecah pada tahun 2012.

Menarik untuk dilihat, apakah pendirian Aremania di Arema Indonesia akan goyah dengan lisensi profesional yang dimiliki Arema FC saat ini. Hal itu bisa dibuktikan pada laga terakhir Arema FC di Liga 1 awal November nanti atau kompetisi musim depan.

Video Populer

Foto Populer