Sukses


Bermain dengan Hati, Kunci Arema Menekuk Persebaya

Bola.com, Samarinda - Arema FC melaju ke final Piala Gubernur Kaltim 2018 setelah mengalahkan Persebaya 2-0, Jumat (2/3/2018) di Stadion Palaran, Samarinda sore tadi (2/3/2018). Thiago Furtuoso dan Hanif Sjahbandi jadi bintang dengan gol yang dicetak pada babak kedua.

Kemenangan ini bermakna ganda. Mereka juga memenangi gengsi sebagai tim terbaik di Jawa Timur. Pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo tidak bisa menyembunyikan kepuasannya. Sebab, mereka tampil pincang dalam pertandingan tersebut.

Lima pemain belakang Arema tidak bisa turun karena cedera, sakit dan terkena hukuman kartu merah. Mereka adalah M. Zaenuri, Agil Munawar, Syaiful Indra, Purwaka Yudi dan Ahmad Alfarizi.

"Kami beruntung juga bisa menang. Kekurangan di lini belakang bisa teratasi. Karena mereka bermain dengan hati. Mereka tidak mau kalah dilapangan demi nama Arema," jelas pelatih asal Cepu ini.

Kemenangan Arema memang berbau keberuntungan. Itu terlihat pada proses gol pertama pada menit ke-66. Gelandang Persebaya, Sidik Saimima justru memberikan umpan gratisan kepada striker Arema Thiago Furtuoso. Pemain asal Brasil itu langsung menyambarnya dan melewati satu pemain belakang sebelum menceploskan bola ke gawang tim Bajul Ijo.

Sementara gol kedua melewati proses yang sudah direncanakan dalam latihan. Saat Persebaya terus menekan, kiper Kartika Ajie langsung melepaskan umpan panjang untuk melakukan serangan balik.

Saat pemain Persebaya belum kembali diposisinya, Dendi Santoso memberikan umpan manja kedepan gawang Persebaya. Sehingga Hanif Sjahbandi dengan mudah mengarahkan bola dengan kepalanya.

"Tidak mudah sebenarnya melawan Persebaya. Mereka bermain cepat. Sebab, pemain intinya memang disimpan dilaga terakhir untuk semifinal ini. Meski Arema punya istirahat sehari lebih lama, itu tidak ada pengaruhnya," imbuh Getuk.

Sebenarnya tidak banyak yang memprediksi Arema bisa lolos ke final karena sempat terseok-seok di fase grup. Namun kejelian Getuk untuk merotasi pemain juga turut andil. Arema tampil lebih baik sejak laga terakhir Grup lawan Mitra Kukar hingga babak semifinal.

Video Populer

Foto Populer