Sukses


Terkait Video Ujaran Penghinaan, Komdis PSSI Hukum Pemain Persija dengan Kerja Sosial

Bola.com, Jakarta - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI melalui PSSI mengumumkan kepada publik hasil sidang mereka yang digelar pada Rabu (11/4/2018) di Jakarta. Ada 11 hukuman yang dijatuhkan, baik kepada klub maupun pemain secara individu.

Dari 11 keputusan yang dijatuhkan itu, Persija Jakarta menjadi klub yang paling banyak menderita sanksi. Komdis menghukum sebanyak lima pemain tim Macam Kemayoran.

Seluruhnya terjerat dengan pelanggaran sama, yakni akibat kasus video ujaran penghinaan atau kebencian terhadap kelompok suporter Persib Bandung, Viking, yang sempat viral di media sosial belum lama ini.   

Dalam laporan Komdis PSSI, insiden ujaran dengan kata-kata menghina itu terjadi pada 25 Maret 2018.

Komdis PSSI lantas menghukum lima pemain yang terlibat dalam insiden itu, yakni Riko Simanjuntak, Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Ahmad Syaifullah, dan Jaimerson Xavier dengan "jenis" hukuman yang baru kali ini dijatuhkan.

Kelimanya dijatuhi sanksi berupa kerja sosial mengampanyekan kampanye anti rasis di media sosial baik di media pribadi dan klub dan denda Rp15 juta.

Selain lima pemain Persija, Komdis PSSI juga menjatuhkan sanksi pada M. Taufiq (Bali United), Supardi Nasir (Persib Bandung), dengan sanksi larangan bermain sebanyak empat pertandingan dan denda Rp50 juta.

Taufik dinyatakan melakukan pelanggaran berupa mendorong dada wasit pada laga Bali United versus Perseru Serui (7/4/2018), sedangkan Supardi dinyatakan melanggar aturan dengan menanduk wasit pada saat Persib menjamu Mitra Kukar (8/4/2018).

PSM Makassar juga dijatuhi hukuman. Komdis PSSI menghukum Munafri Arifuddin (manajer) dan Robert Alberts (pelatih) dengan sanksi berupa teguran keras setelah dianggap melakukan protes berlebihan saat PSM bersua Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Sementara Bali United dan Persib, diharuskan membayar denda masing-masing Rp80 juta (Bali United) dan Rp40 juta atas pelanggaran terjadinya pelemparan botol saat pertandingan Bali United vs Perseru (7/4/2018) serta Persib vs Mitra Kukar (8/4/2018).

Video Populer

Foto Populer