Sukses


Piala AFF U-19: Vietnam Pesta Gol ke Gawang Filipina

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Vietnam U-19 akhirnya memetik kemenangan perdana di Piala AFF U-19 2018. Mereka berhasil menang 5-0 atas Timnas Filipina dalam lanjutan Grup A di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa sore (3/7/2018). 

Meski berhasil pesta gol, pelatih Vietnam, Hoang Anh Tuan menyatakan belum puas dengan permainan anak asuhnya. Dia merasa ada banyak sekali peluang yang seharusnya bisa berbuah gol. 

“Kami sangat mendominasi permainan sepanjang laga. Dan kami juga berhasil menang dengan mudah di laga ini. Seharusnya, pemain kami bisa mencetak gol yang lebih banyak lagi,” kata Hoang. 

Vietnam sempat kesulitan untuk membongkar pertahanan Filipina pada babak pertama. Selama babak pertama, Filipina memeragakan sepak bola negatif dengan bertahan total dan mengandalkan serangan balik cepat. 

Sayangnya, strategi itu tidak berjalan mulus hingga babak kedua lantaran Vietnam malah menambah banyak gol. Hasil ini sekaligus mengulangi catatan yang sama mengingat Vietnam pernah menang 5-0 atas Filipina pada turnamen edisi tahun lalu. 

Sebenarnya, Filipina punya kesempatan emas untuk mencetak gol dan unggul terlebih dahulu. Itu menyusul penalti yang diberikan oleh wasit Amdillah Zainuddin akibat pelanggaran yang dilakukan oleh Vietnam pada menit ke-23. 

Akan tetapi, Chester Gio Angeles yang tampil sebagai eksekutor gagal menenuaikan tugasnya. Bola sepakannya yang mengarah ke kanan berhasil ditepis dengan mudah oleh kiper Vietnam, Ye Li Nie. 

Pelatih Filipina, Hirata Reiji mengungkapkan bahwa kegagalan penalti anak asuhnya berdampak besar pada mental pemain. “Kalau penalti itu bisa gol, saya yakin kami bisa percaya diri. Sayangnya kami gagal dan mental pemain justru menurun,” ungkapnya. 

Hasil ini membuat Vietnam mengoleksi empat angka dari dua laga. Sebelumnya, mereka bermain imbang 0-0 saat berjumpa dengan Thailand (1/7/2018). 

Sementara Filipina punya tantangan berat untuk berkesempatan lolos ke babak semi final Piala AFF U-19. Sebab, berikutnya mereka akan melawan tuan rumah Indonesia di stadion yang sama pada 5 Juli.

Video Populer

Foto Populer