Sukses


Rafli Mursalim dan Samuel Christianson Berikan Kabar Baik untuk Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 mendapatkan kabar baik terkait pemulihan cedera Muhammad Rafli Mursalim dan Samuel Simanjuntak. Menurut fisioterapis Timnas Indonesia U-19, Asep Aziz, kondisi keduanya sudah membaik.

Rafli mengalami kram di otot betis setelah salah tumpuan saat mendribel bola ke arah gawang Singapura yang berhasil dikalahkan dengan skor 4-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (3/7/2018). Masalah itu membuat Rafli harus ditarik keluar pada menit ke-69 dan posisinya digantikan Hanis Saghara Putra untuk tampil sebagai ujung tombak tim.

Asep mengaku striker yang mencetak dua gol ke gawang Singapura itu bisa diturunkan dalam laga kontra Filipina, Kamis (5/7/2018). Rafli sudah ikut berlatih secara normal dalam latihan tim di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Rabu sore (4/7/2018). Dia juga bisa mengikuti semua porsi latihan seperti biasa bersama rekan-rekannya.

“Dia hanya mengalami kram ringan saja. Sebenarnya kalau dilanjutkan di pertandingan bisa saja, tapi coach Indra Sjafri mungkin punya pertimbangan lain,” kata Asep kepada Bola.com.

Saat ditarik keluar, para pendukung pujian memberikan tepuk tangan kepada Rafli. Itu menyusul dua gol yang telah diciptakannya di laga tersebut pada menit ke-20 dan ke-61.

Setelah Rafli keluar, Indonesia kembali mencetak dua gol tambahan. Kali ini giliran Saddil Ramdani dan Todd Rivaldo Ferre yang menjebol gawang Singapura pada menit ke-70 dan ke-80.

“Kami tadinya sempat khawatir dengan kondisi Rafli. Tapi setelah diobersvasi dan mendapat penanganan dari tim medis lewat beberapa terapi, sekarang dia sudah kembali. Namun untuk diturunkan dalam pertandingan tetap menjadi wewenang coach,” kata Asep.

Kabar baik juga datang dari Samuel yang mengalami benturan dengan pemain Singapura dalam duel perebutan udara. Pemain milik Sriwijaya FC itu sempat tergeletak di atas lapangan saat pertandingan berlangsung.

Asep mengungkapkan Samuel mengalami memar di bagian kepalanya. “Kami sudah memeriksa kondisinya untuk kemungkinan gegar otak, ternyata tidak ada. Dia hanya cedera ringan saja dan kami terus berikan perawatan mengompres bagian memar itu dengan es,” kata Asep.

Samuel sebenarnya menjalani pertandingan dengan posisi baru di laga ini. Dia untuk kali pertama diturunkan sebagai pemain sayap kiri, berbeda dengan posisi aslinya yang merupakan bek kiri.

Sayangnya, cedera itu membuatnya tidak bisa tampil penuh. Dia kemudian diganti dengan Todd Rivaldo Ferre pada awal babak kedua untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Kondisinya memang sudah membaik, hanya ada memar itu saja. Untuk turun di pertandingan bersama Timnas Indonesia U-19 juga sudah bisa. Selama ini tim medis berusaha untuk melakukan penyembuhan secara cepat kepada pemain yang cedera,” ucap Asep memungkasi.

Video Populer

Foto Populer