Sukses


Kiper Akademi Arema Dapat Panggilan Seleksi di Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Malang - Kontribusi Arema FC untuk Timnas Indonesia bertambah. Kali ini kiper Andriyan Francisco yang terpanggil untuk mengikuti pemusatan latihan sekaligus seleksi Timnas Indonesia U-19.

Kiper yang akrab disapa Ciko itu berstatus sebagai kiper utama tim Arema U-19 yang dimagangkan sebagai kiper ke empat tim senior Arema.

Sebelumnya, Arema sudah mengirimkan dua pemain, Hanif Sjahbandi dan Bagas Adi, untuk Timnas Indonesia U-23 yang berkiprah di Asian Games 2018.

"Saya mendapat panggilan mendadak semalam. Sekarang saya berada di Yogyakarta dengan timnas U-19. Tadi pagi sudah gabung latihan fitnes. Nanti sore latihan lagi," kata kiper binaan Akademi Arema tersebut, Senin (20/8/2018).

Ini merupakan kali pertama Ciko menerima panggilan timnas. Namun, sebelumnya dia sudah punya pengalaman saat dipinjamkan ke tim senior Borneo FC saat Piala Presiden 2018.

Dia pun berharap masuk skuat utama di Tim Garuda Nusantara karena Timnas Indonesia U-19 cukup diperhitungkan, meski bulan lalu mereka hanya meraih posisi ketiga di Piala AFF U-19 2018.

Kini pelatih Indra Sjafri memanggil beberapa pemain baru untuk persiapan turnamen selanjutnya, Piala AFC U-19 2018, yang juga akan dihelat di Indonesia. "Saat ini ada lima kiper termasuk saya di Timnas U-19. Saya harap bisa terpilih," sambung Ciko.

Jika Ciko terpilih memperkuat Timnas Indonesia U-19, ada kemungkinan dia harus absen memperkuat Arema di kompetisi Liga 1 U-19 yang rencananya bergulir bulan depan.

Namun, Arema tidak akan menghalanginya karena memperkuat timnas jadi kebanggaan tersendiri bagi sang pemain. Kendati, Arema U-19 yang kini dilatih Joko 'Getuk' Susilo, sebenarnya membutuhkan tenaga Ciko.

Arema sudah cukup lama tidak menyumbangkan pemain ke timnas kelompok usia. Terakhir, jebolan Akademi Arema menyumbangkan pemain untuk timnas kelompok usia ada Yoewanto Beny pada tahun 2009.

Namun, karier Beny setelah lulus dari timnas dan proyek SAD Uruguay kurang bersinar. Dia sempat memperkuat Arema senior musim 2012. Tetapi, setelah itu dia lebih banyak memperkuat tim medioker. Musim lalu dia bermain di Persiba Balikpapan dan sekarang bermain di PSS Sleman.

Latihan Perdana Persebaya Surabaya di 2021, Pemain-Pemain Baru Sudah Ikut

Video Populer

Foto Populer