Sukses


Prediksi Persipura Vs Kalteng Putra: Bukan Laga Mudah buat Tuan Rumah

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, menilai perjamuan melawan Kalteng Putra tak bakal berjalan mudah pada pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Mandala, Jayapura, Rabu (14/8/2019).

"Banyak faktor membuat partai ini sulit. Salah satunya, Kalteng Putra pernah mengalahkan Persipura di Piala Presiden di Magelang lalu. Ini menunjukan mereka bukan tim yang tak boleh dianggap sebelah mata," kata Jacksen Tiago.

Fakta lainnya, pelatih asal Brasil itu menyebut hasil positif saat mengalahkan Bhayangkara FC (21/7/2019) dan PSIS Semarang (6/8/2019) pada laga tandang lalu bisa saja jadi beban bagi pemain.

"Diakui atau tidak, keberhasilan di luar kandang itu bisa berdampak negatif. Bagi pemain, dapat membuat mereka lupa diri. Publik Jayapura pun akan punya ekspektasi tinggi terhadap hasil melawan Kalteng Putra nanti. Penonton pasti menilai kami akan mudah menundukkan lawan, karena kami main di kandang sendiri," lanjutnya.

Mantan arsitek Persebaya Surabaya dan Persiter Ternate ini mengantisipasi semua faktor nonteknis itu dengan mengingatkan pemain Persipura Jayapura. Jacksen Tiago menyebut laga kontra Kalteng Putra ini berbeda dengan pertandingan yang telah dilakoni.

"Pemain harus tetap fokus, karena Kalteng Putra punya potensi mengalahkan kami. Kami lebih baik waspada dan melupakan eforia keberhasilan dua partai lalu," ucapnya.

Jacksen Tiago telah menyiapkan strategi secara rinci bagi Boaz Solossa dkk. agar mampu mengamankan jatah kandang ini. Perihal pengaruh dua pemain asal Papua di kubu Kalteng Putra, Ferinando Pahabol dan Patrich Wanggai, Jacksen Tiago mengaku tak fokus pada mereka.

"Banyak sisi teknis yang saya siapkan untuk menghadapi Kalteng Putra. Baik cara bertahan dan menyerang. Mereka punya pemain depan dan belakang bagus. Saya juga beritahu pemain depan Persipura Jayapura, bagaimana membongkar pertahanan lawan," tuturnya.

"Saya mewaspadai Kalteng Putra sebagai unit, bukan personal. Meski, Pahabol dan Wanggai pasti punya motivasi tinggi melawan kami. Laga ini lebih berat ketimbang saat kami mengalahkan Madura United lalu," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Kalteng Putra Percaya Diri

Kalteng Putra pun percaya diri untuk menantang Persipura. Apalagi dalam dua laga terakhir, tim berjulukan Laskar Isen Mulang itu selalu meraih kemenangan, masing-masing 2-0 melawan Semen Padang (2/8/2019) dan 4-2 menghadapi Arema (7/8/2019).

Kalteng Putra juga punya riwayat apik saat bermain di tandang. Pasukan asuhan pelatih Gomes de Oliveira ini mampu mencatatkan dua kemenangan dari enam pertandingan.

"Target kami mencuri poin. Kami mempersiapkan fisik maupun skill agar dapat mengimbangi Persipura," ujar Gomes.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (k); Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae (b); Muhammad Tahir, Ibrahim Conteh, Oh In Kyun (b); Todd Rivaldo Ferre, Titus Bonai, Mamadou Samassa (d)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih (k); O.K. John, Rafal Bonfim, Kevin Gomes, Rezky Dwi Febrianto; Fajar Handika, Gede Sukadana, Hedipo Gustavo (t); Ferinando Pahabol, Diogo Campos, Patrich Wanggai (d)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Utang Budi David Villa pada Josep Guardiola

Video Populer

Foto Populer