Sukses


Prediksi Persipura Vs Borneo FC: Beda Target di Laga Pamungkas Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Mengakhiri Shopee Liga 1 2019 sebagai runner-up menjadi misi yang diusung Persipura Jayapura kala meladeni Borneo FC di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dalam laga pamungkas, Minggu (22/12/2019).

Saat ini, Tim Mutiara Hitam melorot ke peringkat empat dengan nilai 52 hasil dari 33 laga. Kemenangan Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC menjadi penyebabnya.

Kendati demikian, Tim Mutiara Hitam tetap memiliki peluang untuk menggeser kedua tim tersebut. Menghadapi Borneo FC, anak asuh Jacksen F. Tiago wajib meraih tiga poin.

Kepercayaan diri Boaz Solossa dkk. juga tengah mencuat menyusul dua kemenangan beruntun atas PSIS Semarang dan Barito Putera. Sebaliknya, Borneo FC hanya meraih dua poin dari dua laga terakhir, masing-masing imbang kontra PSM Makassar dan Semen Padang.

"Setiap kompetisi kami berharap mencapai sebuah prestasi. Kemarin saya berharap bisa menempatkan Persipura di tiga atau empat besar klasemen akhir Shopee Liga 1 2019," kata Jacksen.

Berbanding terbalik dengan Jacksen, pelatih Borneo FC, Mario Gomez justru terlihat santai dan tidak ingin membebani anak asuhnya. Ia rupanya tak ingin ambil pusing dengan ketatnya persaingan di papan atas.

"Kalau target ya menang. Tapi terlepas dari itu kami fokus memberikan permainan terbaik. Tidak boleh terbebani dengan target," ucap Gomez.

Terlepas dari misi memberi kemenangan, Gomez lebih senang jika pemain mudanya banyak berkembang. Dengan begitu musim depan ada modal positif mengarungi kompetisi.

"Musim depan pemain muda semakin matang karena tahun ini sudah terbiasa tampil. Ini bagus untuk karir mereka," imbuhnya.

Eks juru taktik Persib Bandung ini juga tak akan kecewa jika timnya tumbang dari Persipura. Namun dengan catatan para pemain bermain maksimal.

"Saya mau anak-anak berjuang sepanjang pertandingan. Kami tidak boleh menyerah sebelum berlaga. Hanya pemain yang bisa menentukan hasil akhir mau menang atau imbang," ujar Gomez memungkasi.

Video

2 dari 3 halaman

Optimalkan Pemain Muda

Mario Gomez tampaknya hanya ingin fokus memantapkan mental para pemain muda kala menghadapi Persipura Jayapura. Baginya, yang terpenting anak asuhnya bermain maksimal.

"Musim depan pemain muda semakin matang karena tahun ini sudah terbiasa tampil. Ini bagus untuk karir mereka," imbuhnya.

"Saya mau anak-anak berjuang sepanjang pertandingan. Kami tidak boleh menyerah sebelum berlaga. Hanya pemain yang bisa menentukan hasil akhir mau menang atau imbang," ujar Gomez memungkasi.

Hal senada juga terlontar dari mulut asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin. Ia hanya ingin Rifal Lastori cs. mampu terhindar dari kekalahan.

"Semoga kami tidak kalah. Akan ada kesempatan memperbaiki kesalahan. Semua fit dan kami siap menurunkan skuad terbaik melawan Persipura," ujar Ahmad singkat.

3 dari 3 halaman

Data dan Prediksi

  • Prakiraan Susunan Pemain

Persipura: Dede Sulaiman; V. Telaubun, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Yustinus Pae; Ibrahim Conteh, M. Tahir, Todd Rivaldo Ferra, Oh In-kyun; Boaz Solossa, Mamadou Samassa

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Borneo FC: Gianluca Pandeynuwu; Wildansyah, Javlon Guseynov, Juan Alsina, A. Daud; Ambrizal Umanailo, Sultan Samma, M. Sihran, Terens Puhiri, Renan Silva; Matias Conti

Pelatih: Mario Gomez

  • Head to Head

(16/4/2017) Persipura 0-0 Borneo FC

(14/8/2017) Borneo FC 1-1 Persipura

(4/5/2018) Persipura 2-0 Borneo FC

(8/10/2018) Borneo FC 2-1 Persipura

(19/8/2019) Borneo FC 1-1 Persipura

  • Prediksi

Persipura 55-45 Borneo FC

Rekor pertemuan Persipura kala bertanding sebagai tuan rumah kontra Borneo FC cukup bagus. Dua kemenangan diraih, termasuk pada pertemuan pertama. Sementara itu, rekor Borneo FC pada laga tandang juga buruk, yakni hanya meraih dua kemenangan dari 16 laga tandang.

Video Populer

Foto Populer