Sukses


8 Pemain Asing Memilih Pergi Jelang Restart Shopee Liga 1, Sejumlah Nama Segera Menyusul

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain asing tidak mau mengambil resiko untuk kembali melanjutkan Shopee Liga 1. Mayoritas memilih bertahan di negara asalnya atau mencari kompetisi yang wilayahnya lebih aman dari pandemi COVID-19.

Fenomena pemain asing meninggalkan Shopee Liga 1 diawali oleh Petteri Pennanen. Gelandang berusia 29 tahun itu memilih untuk menetap di kampung halamannya, Finlandia, dan bermain untuk klub lokal, KuPS.

Usai Pennanen, Rafael Oliveira juga pamit dari klubnya, Persela Lamongan. Penyerang asal Brasil itu tidak sepakat kontraknya direvisi oleh manajemen.

Arema FC dan Persik Kediri menjadi tim yang paling banyak kehilangan pemain asingnya jelang Shopee Liga 1 bergulir.

Arema FC ditinggalkan dua pemain asingnya, Jonathan Bauman dan Oh In-kyun, juga gara-gara mentoknya renegosiasi kontrak. Tim berjulukan Singo Edan itu juga bahkan ditinggalkan pelatihnya, Mario Gomez, dengan penyebab yang sama.

Setali tiga uang dengan Arema FC, Persik terpaksa memutus kontrak Nicola Asceric dan Antek Bakmaz karena persoalan yang sama. Keduanya tidak setuju gajinya dipangkas.

Pemain terakhir yang mengucapkan selamat tinggal kepada Shopee Liga 1 musim ini adalah Mateo Bustos. Gelandang berusia 27 tahun itu memutuskan untuk menjaga keluarganya di Argentina di tengah wabah virus corona.

"Keputusan saya untuk tidak kembali ke Indonesia karena saya ingin bersama dengan keluarga saya. Saat ini saya memiliki dua anak yang masih kecil, dan dalam situasi pandemi global seperti ini, kami khawatir berpergian dengan pesawat, apalagi dari Argentina ke Indonesia harus melalui empat kali penerbangan. Jadi sekarang ini prioritas utama saya tetap keluarga dan memutuskan tidak kembali ke Indonesia," imbuh Bustos.

Video

2 dari 3 halaman

Sejumlah Pemain Asing Segera Menyusul

Daftar pemain asing yang angkat kaki dari Shopee Liga 1 kemungkinan bertambah. Pasalnya, masih ada sejumlah wajah impor yang belum menunjukkan batang hidungnya di Indonesia.

Persebaya Surabaya masih menunggu keputusan David da Silva. Latihan Persija Jakarta juga tidak kunjung dihadiri oleh Marco Motta.

PSM Makassar menjadi tim terparah. Klub berjulukan Pasukan Ramang itu bahkan belum memulai latihan. Para pemain asing dikabarkan masih berada di negaranya masing-masing. Padahal, kompetisi akan dimulai tiga pekan lagi.

3 dari 3 halaman

8 Pemain yang Meninggalkan Shopee Liga 1

1. Petteri Pennanen (Persikabo)

2. Rafael Gomes de Oliveira (Persela Lamongan)

3. Jonathan Bauman (Arema FC)

4. Oh In-kyun (Arema FC)

5. Sylvano Comvalius (Persipura Jayapura)

6. Ante Bakmaz (Persik Kediri)

7. Nicola Asceric (Persik Kediri)

8. Mateo Bustos (Persita Tangerang)

Video Populer

Foto Populer