Sukses


Pemain Naturalisasi yang Sempat Singgah di PSM: Dari Cristian Gonzales sampai Ilija Spasojevic, tapi yang Memberikan Trofi Hanya Guy Junior

Bola.com, Makassar - Sejak Liga Indonesia 1995-1996, PSM Makassar selalu memakai jasa pemain asing di setiap musim. Ada di antara mereka yang kemudian memilih menjadi warga negara Indonesia.

Sebut saja Cristian Gonzales (Uruguay), Ariel Gutierrez (Cile) dan Ilija Spasojevic (Montenegro). Ada juga yang sudah berstatus pemain naturalisasi saat berkostum Juku Eja yakni Ezra Walian, Raphael Maitimo dan Guy Junior. Sementara Marc Klok yang memperkuat PSM pada 2017-2019, proses naturalisasinya tengah berjalan.

Cristian Gonzales dan Ilija Spasojevic memilih menjadi WNI setelah menikahi wanita Indonesia. Cristian malah sudah berstatus sebagai suami Eva Siregar sebelum berkiprah di Liga Indonesia. Cristian dan Eva bertemu di Cile pada 1994. Eva saat itu tengah mempelajari tari salsa di sekolah Vina del Mar, sedang Cristian tengah merintis awal karier sebagai pesepak bola.

Setahun kemudian, keduanya menikah dan menetap di Uruguay. Pada 2003, pasangan ini memutuskan ke Indonesia setelah Cristian Gonzales menerima pinangan manajemen PSM Makassar jelang musim 2003. Punya istri orang Indonesia plus skill di atas rata-rata membuat Cristian bisa beradaptasi cepat dengan atmosfer Liga Indonesia.

Bersama Oscar Aravaena, Cristian menjadi momok menakutkan buat pemain belakang lawan. Dalam semusim, ia mencetak 29 gol atau hanya kalah dua gol dari Aravena yang kemudian menjadi top skorer kompetisi. Sayang, pencapaian mereka tidak dilengkapi dengan trofi juara. Di mana PSM hanya bertengger di peringkat dua klasemen akhir.

Gelar juara musim itu diraih Persik Kediri. Cristian hanya satu setengah musim di PSM. Ia dilepas PSM menyusul sanksi PSSI yang diterimanya karena sanksi larangan tampil lantaran memukul offisial Persita Tangerang di Stadion Benteng pada putaran pertama musim 2004.

Enam tahun kemudian, tepatnya pada 3 November 2010, Cristian resmi berstatus WNI dan memperkuat tim nasional Indonesia di Piala AFF 2010.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Kisah Ilija Spasojevic

Sementara untuk Ilija Spasojevic datang ke Indonesia dengan memperkuat Bali Devata di Liga Primer Indonesia. Selepas dari klub Bali itu, Spasojevic menerima tawaran manajemen PSM yang menjadi tim peserta di kompetisi sama.

Di Makassar, Spasojevic bertemu dengan Lelhy Arief yang kemudian dinikahinya pada 2013. Empat tahun kemudian, Spasojevic mengucap janji setianya kepada Indonesia dengan resmi menyandang status WNI.

Namun, kebahagian pasangan ini terenggut setelah Lelhy yang telah memberinya dua anak, Dragan dan Irinia meninggal dunia. Pencapian terbaik Spasojevic adalah membantu Bali United meraih trofi juara Liga 1 2019.

 

3 dari 4 halaman

Guy Junior Persembahkan Trofi Juara

Di antara sejumlah nama di atas, Guy Junior tercatat paling sukses bila acuannya trofi juara. Striker berdarah Kamerun ini menjadi bagian penting PSM saat meraih trofi Piala Indonesia 2018-2019.

Sebelumnya, Guy juga membawa PSM bertengger di peringkat dua pada Liga 1 2018. Dan kalau ditarik lagi ke belakang, Guy yang resmi menjadi WNI pada 2017 ini juga mempersembahkan gelar juara Liga 1 2017 untuk Bhayangkara FC.

Guy yang pada 2006 menikah dengan wanita asal Gresik, Cholin Misgetawati, kini bertatus pemain Borneo FC di Liga 1 2020.

Sementara Ezra Walian dan Raphael Maitimo belum mengangkat prestasi PSM. Keduanya bergabung di Juku Eja pada putaran kedua Liga 1 2019. Khusus buat Raphael, eks gelandang Feyenoord ini sebelumnya pernah memperkuat PSM di Piala Presiden 2017.

Ezra masih tercatat sebagai pemain Juku Eja di Liga 1 2020. Sedang Raphael bergabung dengan klub promisi, Persita Tangerang.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Ingat 12 Hari Lagi Shopee Liga 1 Dimulai! Jangan Lewatkan Laga-Laga Seru Bali United

Video Populer

Foto Populer