Sukses


Febri Hariyadi Menolak Tawaran, Ini 3 Pemain Indonesia yang Saat Ini Berkiprah di Kompetisi Negeri Tetangga

Bola.com, Jakarta - Belum bergulirnya kompetisi Shopee Liga 1 hingga saat ini mulai membuat sejumlah klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia mulai mengalami dilema. Sejumlah tawaran datang dari klub negara tetangga untuk pemain yang sampai saat ini tidak bisa berkompetisi lantaran izin kompetisi belum didapatkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru.

Sejumlah pemain asing di klub Shopee Liga 1 sudah pergi sejak beberapa bulan terakhir. Terbaru, dua pemain Persebaya Surabaya, David da Silva dan Makan Konate, pergi dan kabarnya bakal bergabung bersama klub Malaysia, Terengganu FC.

Tidak hanya pemain asing, sejumlah pemain muda Indonesia pun dilirik oleh klub dari negara tetangga. Satu yang terbaru adalah Febri Hariyadi, pemain sayap lincah yang menjadi andalan Persib Bandung dan Timnas Indonesia.

Gelandang Persib Bandung, Febri Hariyadi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persebaya Surabaya pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Jumat (18/10). Persib menang 4-1 atas Persebaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Namun, berdasarkan keterangan dari manajemen dan pelatih Persib Bandung, Febri Hariyadi menolak tawaran dari klub Thailand yang tidak disebutkan dengan detail oleh manajemen Maung Bandung. Febri disebut menolak tawaran tersebut karena hanya akan menjadi pemain pinjaman di Thai League.

Hingga saat ini, Febri Hariyadi menjadi satu-satunya pemain yang dinyatakan menolak tawaran yang datang dari klub negara tetangga saat kompetisi Shopee Liga 1 tidak bergulir. Ada sejumlah pemain yang juga dikabarkan tengah mendapatkan minat dari klub negara tetangga, seperti Stefano Lilipaly dan Riko Simanjuntak.

Namun, ada pula pemain Indonesia yang sudah pasti akan berkiprah di negara tetangga pada musim depan. Siapa saja pemain yang sudah pasti akan berkompetisi di negara tetangga dalam waktu dekat, dan tentunya juga ada pemain yang sudah lebih dulu berada di sana. Berikut ulasan dari Bola.com.

2 dari 5 halaman

Todd Rivaldo Ferre

Pemain muda asal Papua ini dipastikan bakal tampil di Thai League 2 bersama Lampang FC. Persipura Jayapura yang menjadi pemilik dari pemain berusia 20 tahun ini pun mengizinkan sang pemain untuk menambah jam terbang di kompetisi luar negeri.

Persipura mengklaim Todd Rivaldo Ferre hanya dipinjam oleh Lampang FC selama empat bulan, atau hingga Maret 2021. Peminjaman itu bisa sedikit bertambah durasi jika Lampang FC lolos play-off untuk promosi ke Thai League 1, di mana masa peminjamannya menjadi hingga April 2021.

"Keputusan ini merupakan bukti komitmen Persipura terhadap upaya pembinaan pemain muda kami. Kami pasti akan mendukung apabila ada hal yang sama untuk pemain lain, karena bermain di luar negeri akan menambah pengalaman, melatih mental, mengasah teknik, dan sudah tentu menambah pendapatan," ujar Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano.

"Doa dan harapan kami, semoga semua urusan bisa kelar dan tidak ada kendala. Kami juga berharap Todd Ferre bisa membantu dan memberikan yang terbaik bagi Lampang FC. Jaga nama baik pribadi, keluarga, dan Persipura. Jangan lupa berdoa dan mengucap syukur atas semua ini," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Walikota Jayapura ini.

Dukungan kepada Todd Rivaldo Ferre juga diungkapkan oleh Jacksen Tiago, sang pelatih Persipura. Ia mengaku berharap pemain muda yang satu ini tidak buru-buru kembali ke Indonesia meski tenaganya dibutuhkan oleh tim berjulukan Mutiara Hitam itu.

"Jangan sekadar Liga 2 Thailand, Todd Rivaldo Ferre. Meski kami sangat membutuhkan tenagamu, semoga kamu tidak kembali dalam waktu dekat. Sehingga kamu bisa bermain di klub level Liga Champions Asia nanti," ujar Jacksen melalui akun Instagram miliknya.

 

Dengan bakal bergabungnya Todd Rivaldo Ferre ke Lampang FC, ia akan tercatat sebagai pemain Indonesia kedelapan yang bermain di Thailand.

3 dari 5 halaman

Ryuji Utomo

Seperti halnya Persipura yang tidak menghalangi Todd Rivaldo Ferre ke Thailand, Persija Jakarta pun membiarkan pemain bertahan Ryuji Utomo untuk bergabung ke klub Malaysia, Penang FA, juga sebagai pemain pinjaman.

Ryuji Utomo bahkan sudah diperkenalkan oleh Penang FA pada Minggu (6/12/2020) dan fotonya diunggah ke laman Facebook klub tersebut. Dalam foto tersebut, Penang FA mengungkapkan keberhasilan mendatangkan bek Persija itu. 

"Ryuji Utomo, Sang Pahlawan dari Seberang," bunyi keterangan dari Penang FA.

"Setelah menandatangani pemain bertahan dari Indonesia, Ryuji Utomo, Penang FA bakal mengumumkan seorang lagi pemain import untuk mengisi kuota Asia sebentar lagi," tutup pernyataan tersebut.

Berkarier di Malaysia akan menjadi yang pertama bagi Ryuji Utomo. Namun, pemain kelahiran Jakarta itu sudah memiliki pengalaman bergabung bersama klub luar negeri.

Ryuji pernah bermain untuk klub Bahrain, Al-Najma, pada 2015. Ia juga sempat dipinjamkan oleh Persija Jakarta ke klub Thailand, PTT Rayong, pada 2018 lalu.

Bermain bersama PTT Rayong, Ryuji bahkan membawa klub yang saat itu bermain di Thai League 2 bisa promosi ke Thai League 1 dengan status juara.

 

4 dari 5 halaman

Yanto Basna

Berbeda dengan dua pemain sebelumnya, Yanto Basna adalah pemain Indonesia yang sudah berkarier di Thailand sejak 2018. Hingga sejauh ini, sudah tiga klub Thailand yang dibela oleh pemain asal Papua itu, mulai dari Khon Kaen, Sukhothai, dan PT Prachuap.

Dalam musim pertamanya di Thailadn bersama Khon Kaen di Thai League 2 2018, Yanto Basna hampir saja membawa timnya promosi ke Thai League 1. Ia pun kemudian bergabung bersama klub Thai League 1, Sukhothai, pada musim 2019, dan akhirnya bergabung bersama PT Prachuap pada awal 2020.

Bersama PT Prachuap, Yanto Basna mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak. Ia dianggap menonjol karena memiliki stamina yang sangat baik untuk mengawal lini pertahanan timnya.

Satu yang menarik, Yanto Basna sempat digoda oleh Persija Jakarta untuk kembali ke Indonesia. Kabarnya, sebuah tawaran sudah datang dari Persija ke manajemen klub.

Ketertarikan Persija terhadap Yanto Basna membuat pihak PT Prachuap disebut memberikan tawaran perpanjangan kontrak berdurasi 3 tahun.

"Mungkin Pesija mengontak bos di sini. Klub tahu, akhirnya ketika Persija mau berikan kontrak, bos di sini mau menambahkan kontrak saya selama tiga tahun," ujar Yanto Basna dalam sebuah live instagram dengan PSSI Pers pada Juni 2020.

5 dari 5 halaman

Video

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer