Sukses


Kiper Persita Yogi Triana Berikan Tips Bisnis Tanaman Hias, Harga Jual Sampai Rp25 Juta

Bola.com, Jakarta - Kiper Persita Tangerang, Yogi Triana banting setir. Saat sepak bola yang menjadi mata pencaharian utamanya masih vakum, ia beralih berbisnis tanaman hias.

Langkah Yogi Triana terbilang tepat. Karena bisnis tanaman hias pada era pandemi virus corona memang sedang hits. Kini orang-orang yang dituntut lebih banyak di rumah memburu tanaman hias untuk menghilangkan rasa stres.

Efek positifnya, harga tanaman hias saat ini sedang meroket, sehingga Yogi Triana ikut merasakan hasilnya. Dia bahkan menceritakan saat ini punya tanaman hias yang jika dijual menghahsilkan uang Rp 20-25 juta.

"Nama tanamannya Dewi Hughes. Baru saja ikut kontes, lomba bagus-bagusan. Ikut kelas rumpun. Hasilnya juara dua se-Depok. Nanti mau ikut kontes lagi di Kudus," kata Yogi Triana saat diwawancara channel Youtube, Persita Tangerang.

"Sekarang tanaman ini penawaran terakhir Rp 20-25 juta. Bisa mahal seperti itu, karena sudah punya sertifikat. Kalau kontesnya sendiri hadiahnya tidak terlalu besar. Tapi bisa naikan harga tanamannya," lanjutnya.

Yogi Triana pun buka-bukaan saat ditanya tips bisnis tanaman hias. "Nomor satu yang paling penting itu tekun. Kemudian sungguh-sungguh," ujarnya.

"Karena tanpa dua itu percuma. Contohnya tanamannya bayar mahal. Tapi perawatannya jelek. Sayang sekali bisa mati," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Mulai dari Rp 75 Ribu

Menurut Yogi Triana, harga tanaman hias selama pandemi virus corona memang sedang tinggi. Jadi saat ini harganya sedang gila-gilaan. Satu tanaman yang telah dipisahkan dari induknya harganya ada di angka Rp 75 ribu.

"Ini seperti ada Super White. Bukan dari sini, dari luar Thailand. Harganya sekitar Rp 350-450 ribu. Ada juga yang jarang punya, ibaratnya jarang dijual. Saya simpan di kandang belakang," Yogi Triana sembari mengajak melihat koleksi khusus tanaman hias miliknya.

"Yang ini namanya Dewi Hughes. Tidak sembarangan orang beli, karena memang langka. Harganya Rp 15 juta. Bisa semahal itu karena anaknya banyak, langka dan prosesnya lama," lanjutnya.

Bisnis tanaman hias sendiri menurut Yogi Triana bukan dirinya sebagai pencetus. Melainkan keluarga dari sang ibunda yang memang dari dahulu sudah bergelut di tanaman hias.

"Kebetulan sekitar Sawangan memang banyak petani Argonema. Jadi memang tanaman hias yang saya jual hasil tani sendiri. Kalau nanti harganya turun lagi, kita tidak khawatir. Karena memang pada dasarnya kami bertani," Yogi Triana menuturkan.

 

Sumber: Channel Youtube Persita

Video Populer

Foto Populer