Sukses


Lika-liku Achmad Jufriyanto yang Putus Nyambung dengan Persib

Bola.com, Bandung - Nama Achmad Jufriyanto sudah tidak asing lagi bagi Persib Bandung dan bobotoh. Pemain kelahiran Tangerang, Banten, 7 Februari 1987 ini kembali memperkuat Persib untuk Piala Menpora 2021 dan Liga 1 2021.

Kembalinya Jupe, sapaan akrab Achmad Jufriyanto ke Persib bukan kali pertamanya. Layaknya pacaran, Jupe dan Persib selalu putus nyambung. Awal memperkuat Persib pada tahun 2013-2015, selama itu Jupe tampil 50 kali dan menyumbang dua gol.

Bahkan di tahun 2014, Jupe membawa Persib juara ISL 2014 dan juara turnamen Piala Presiden 2015. Pada laga final ISL 2014, Jupe merupakan penentu Persib untuk menjadi juara kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Usai membawa Persib juara ISL dan Piala Presiden, pemain yang kerap menggunakan nomor punggung 16 ini meninggalkan Persib dan bergabung ke Sriwijaya FC pada musim 2016-2017.

Namun, musim 2017-2018 Jupe kembali ke pangkuan Maung Bandung, selama itu Jupe tampil sebanyak 22 kali tanpa menyumbang gol. Satu musim di Persib, pemain dengan tinggi 1,82 cm itu pun mencoba merumput di luar, tepatnya di Kuala Lumpur FA.

Sayang, cedera yang menimpa Jupe membuatnya tidak lama berada di tim asal Negeri Jiran itu. Jupe memutuskan hengkang dan fokus memulihkan pada cederanya. Bersama Kuala Lumpur FA hanya tampil 17 kali.

Lepas dari tim asal Malaysia, Jupe pun kembali ke Persib Bandung pada musim 2018-2019. Pemain yang mengawali karier profesionalnya di Persita Tangerang ini kembali bangkit bersama Persib. Ia tampil 26 kali dan menyumbang dua gol.

2 dari 3 halaman

Tahun 2020 Berpisah

Namun, di tengah persiapan musim 2020, Jupe memutuskan untuk meninggalkan Persib Bandung. Ia berpamitan kepada seluruh skuat Maung Bandung dan tim pelatih jelang latihan ringan di Stadion Siliwangi, Bandung, Minggu (2/1/2020) pagi.

Saat itu Jupe merupakan pemain keempat setelah Kevin van Kippersluis, Hariono, dan Ezechiel N'douassel yang tidak lagi berseragam Persib tahun 2020.

"Sedih juga karena saya dan Jupe itu sangat dekat. Kami berkarier di sepak bola sering bersama. Selama 17 tahun berkarir hanya 4 tahun saya tidak bareng sama dia," jelas Supardi Nasir, kala itu.

Supardi dan Jupe memang sering bersama membela klub di Liga Indonesia, yakni saat di Persita Tangerang, Sriwijaya FC, dan Persib Bandung.

"Banyak kenangan sama dia. Tapi apapun keputusan Jupe saya dukung. Saya hanya bisa mendoakan yang terbaik buat dia," kata Supardi.

Pemain senior di tubuh Maung Bandung ini tidak tahu persis Jupe akan berlabuh ke klub mana pada musim 2020.

"Saya tidak tahu Jupe akan kemana, tapi dia pernah bilang ingin lebih dekat dengan keluarga," kata Supardi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

3 Gol Terbaik Semifinal Piala Menpora 2021, Sundulan Maut Ezra Walian

Video Populer

Foto Populer