Sukses


BRI Liga 1: Peran Luizinho Passos di DSP Persib Berubah, Ini Penjelasan Teddy Tjahjono

Bola.com, Bandung - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, buka suara mengenai jabatan unik pelatih kiper timnya, Luizinho Passos, saat menghadapi Barito Putera pada laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022, Sabtu (4/9/2021).

Pada laga yang digelar di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, itu status Luizinho Passos dalam daftar susunan pemain (DSP) dituliskan sebagai video technical analysis. Padahal jabatan sebenarnya adalah pelatih kiper Persib Bandung.

Teddy Tjahjono menjelaskan Passos bermasalah dengan lisensi kepelatihan di BRI Liga 1. Sebab, regulasi terbaru AFC menyebutkan bahwa pelatih kiper harus memiliki lisensi level 1.

"Passos sudah di Indonesia selama lima tahun, dan selama ini secara sertifikat kepelatihan tidak pernah ada masalah. Nah, ada regulasi baru dari AFC yang menyatakan lisensi kiper harus level 1 dan diberi waktu mepet banget," ujar Teddy, Rabu (8/9/2021).

Teddy mengatakan bahwa Passos sulit mengantongi lisensi kepelatihan level 1 karena pemberitahuan terkesan mendadak. Selain itu, AFC tidak menggelar kursus kepelatihan pada 2020 karena pandemi COVID-19.

"Tidak ada kursus kepelatihan sama sekali pada 2020. Nah, sekarang bagaimana buat klub di Indonesia yang sudah kontrak pelatih tanpa pemberitahuan bahwa harus level 1. Enggak bisa kurang dua hari ganti pelatih," tegas Direktur Persib Bandung itu.

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Komunikasi AFC Dipertanyakan

Teddy Tjahjono mempertanyakan komunikasi dari AFC terkait regulasi tersebut. Mengingat, tidak ada pemberitahuan sebelumnya dan toleransi bagi tim yang belum memenuhi kriteria lisensi kepelatihan.

"Jadi enggak bisa menyalahkan klub terus, agak sulit persyaratan itu muncul saat lisensi itu dilakukan, di mana sekarang kursus itu diberikan oleh AFC. Sekarang AFC tidak bisa memberikan kursus selama pandemi, instrukturnya juga tidak bisa datang. Bagaimana peserta dapat sertifikasi kalau kursus saja tidak ada," ujar Teddy.

Sebagai solusi, Teddy tetap menyertakan Passos sebagai video technical analysis Persib Bandung di setiap pertandingan BRI Liga 1. Sementara posisi pelatih kiper diserahkan kepada Gatot Prasetyo.

"Sebagai analis. Kami juga punya Pak Gatot sebagai pelatih kiper, karena itu pelatih kiper kami daftarkan nama Pak Gatot. Dia tidak di lapangan, hanya DSP saja karena dia memenuhi level 1," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pekan Kedua BRI Liga 1 2021/2022

Jumat, 10 September 2021

  • 15.15 WIB - Persela Lamongan vs Persipura Jayapura, Streaming Vidio
  • 18.15 WIB - Persik Kediri vs Borneo FC, Streaming Vidio

Sabtu, 11 September 2021

  • 15.15 WIB - Persiraja Banda Aceh vs PSS Sleman, Live O Channel
  • 15.15 WIB - Barito Putera vs Bali United, Live Indosiar
  • 18.15 WIB - Persebaya Surabaya vs Persikabo 1973, Live Indosiar
  • 20.30 WIB - Persita Tangerang vs Persib Bandung, Live Indosiar

Minggu, 12 September 2021

  • 15.15 WIB - Madura United vs PSM Makassar, Live Indosiar
  • 18.15 WIB - Arema FC vs Bhayangkara FC, Live Indosiar
  • 20.30 WIB - Persija Jakarta vs PSIS Semarang, Live Indosiar
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer