Sukses


Jika Berhasil Singkirkan Chinese Taipei, Timnas Indonesia Masih Jauh dari Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Chinese Taipei dalam leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar di Buriram Stadium, Thailand, Kamis (7/10/2021). Tim Garuda baru akan memastikan lolos ke fase selanjutnya setelah menjalani lag leg kedua kontra Chinese Taipei di stadion yang sama pada Senin (11/10/2021).

Timnas Indonesia berhasil menang 2-1 atas Chinese Taipei berkat dua gol yang dicetak Ramai Rumakiek dan Evan Dimas. Sementara itu, gawang Muhammad Riyandi harus bobol satu kali lewat gol yang dicetak Hsu Heng-pin.

Timnas Indonesia pun harus memastikan bisa meraih kemenangan atau setidaknya bermain imbang kala menjalani leg kedua play-off kontra Chinese Taipei pada Senin (11/10/2021). Bukan sesuatu yang mudah, tapi peluang Tim Garuda untuk bisa melewati play-off ini cukup besar.

Namun, jika berhasil menyingkirkan Chinese Taipei, bukan berarti Timnas Indonesia akan langsung otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Laga play-off yang dijalani Tim Garuda menghadapi Chinese Taipei ini adalah laga untuk menuju babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Lalu masih sejauh mana Timnas Indonesia untuk melangkah hingga putaran final Piala Asia 2023? Berikut ulasannya.

2 dari 3 halaman

Memperebutkan 2 Tiket Tersisa untuk Kualifikasi Babak Ketiga

Dalam fase play-off kualifikasi Piala Asia 2023 ini, ada empat tim yang berpartisipasi, Timnas Indonesia, Chinese Taipei, Kamboja, dan Guam. Ada dua tiket tersisa untuk fase babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang diperebutkan keempat tim ini.

Timnas Indonesia saling mengalahkan dengan Chinese Taipei untuk merebut satu tiket menuju babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara satu tiket lain diperebutkan oleh Guam dan Kamboja.

Sejauh ini sudah ada 22 tim yang memastikan diri tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 dan menunggu dua pemenang dari pertandingan play-off, termasuk yang dimainkan Timnas Indonesia.

Bicara 22 tim yang telah menunggu di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 itu, mereka adalah tiga tim terbawah dalam perolehan nilai di antara tim-tim runner-up kualifikasi babak kedua, tim-tim peringkat ketiga dan keempat, serta tiga tim dengan perolehan poin terbaik di antara para juru kunci grup di kualifikasi babak kedua.

Tentu saja di antara 22 tim yang sudah memastikan bakal tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 itu ada sebagian tim-tim Asia Tenggara, seperti Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, dan Singapura.

Sebagai pengingat, Thailand dan Malaysia adalah tim-tim yang berada satu grup dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang juga merupakan babak kedua dari fase kualifikasi menuju Piala Asia 2023 itu.

Dengan keberadaan Thailand dan Malaysia di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 ini, bukan tidak mungkin Indonesia akan berjumpa lagi dengan kedua tim itu jika berhasil lolos dari pertandingan play-off.

Nantinya total ada 24 tim yang berpartisipasi di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dibagi dalam enam grup berbeda. Enam tim juara grup dan lima runner-up terbaik akan mendapatkan tiket untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023, yang artinya ada 11 tiket untuk tim dari fase kualifikasi ini untuk berlaga di putaran final Piala Asia 2023.

3 dari 3 halaman

11 Tiket Menuju Putaran Final Piala Asia 2023

Putaran final Piala Asia 2023 akan digelar di China pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Sebanyak 24 tim bakal berlaga di turnamen yang rencananya digelar di 10 stadion berbeda yang tersebar di 10 kota.

Sejauh ini, tuan rumah China dan 12 tim yang menempati dua posisi teratas dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sudah memastikan diri tampil di putaran final Piala Asia 2023, termasuk satu-satunya tim Asia Tenggara, Vietnam.

Dengan sudah ada 13 tim yang memastikan diri tampil di putaran final Piala Asia 2023, artinya masih ada 11 tiket lagi yang tersedia. 11 tiket tersebut yang akan diperebutkan 24 tim di fase babak kedua Kualifikasi Piala Asia 2023, termasuk Timnas Indonesia jika memenangi dua leg play-off yang tengah mereka jalani menghadapi Chinese Taipei.

Artinya, perjalanan Timnas Indonesia untuk bisa tampil di Piala Asia 2023 memang masih sangat jauh. Mampukah Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mengakhiri penantian selama 26 tahun untuk kembali ke Piala Asia setelah terakhir kali berlaga di edisi 2007?

Video Populer

Foto Populer