Sukses


Evaluasi 5 Laga Terakhir PSM di BRI Liga 1: Penampilan Tak Konsisten tetapi Stabil di Papan Tengah

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar hanya bermain imbang tanpa gol kontra Persikabo 1973 pada laga pekan kesembilan BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Selasa (26/10/2021).

Hasil ini membuat Skuad Juku Eja tertahan di papan tengah klasemen sementara BRI Liga 1, sekaligus menunjukkan inkonsistensi penampilan dalam lima laga terakhir.

Di mana tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu hanya mengoleksi satu kemenangan, dua imbang, dan menelan dua kekalahan.

Pada sesi jumpa media selepas menghadapi Persikabo, pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija, berkilah pencapaian sementara tim asuhannya terbilang lumayan. Milo, sapaan akrabnya mengingatkan sejak awal musim, PSM memang tak masuk daftar tim yang diunggulkan.

Tim Juku Eja sempat mencuri perhatian dengan tampil bagus menghadapi lawan kuat seperti Persib Bandung, Arema FC, dan Bali United. Namun belakangan, performa mereka mulai melempem.

"Penampilan pemain terkesan antiklimaks justru ketika kami lebih diunggulkan memenangkan pertandingan. Ini akan menjadi bahan evaluasi buat menghadapi laga selanjutnya. Tapi, saya tegaskan, ini hal yang wajar buat sebuah tim yang tengah berproses," ungkap Milo.

Seperti diketahui, PSM Makassar mengalami kekalahan dari dua tim asal Kalimantan yakni Barito Putera (0-2) dan Borneo FC (1-2).

 

2 dari 5 halaman

Lini Serang Hilang Ketajaman

Dihubungi Bola.com, Rabu (27/10/2021), eks Direktur Teknik PSM Makassar di era Liga Primer Indonesia, Mirdan Midding, menyoroti barisan penyerang starter Juku Eja yang kehilangan ketajamannya.

Terutama, striker Anco Jansen yang tak lagi menjebol gawang lawan setelah terakhir melakukannya ke gawang Persik Kediri pada pekan keempat. Total koleksi gol Jansen pada musim ini baru tiga dari delapan penampilan sebagai starter.

Ia hanya absen ketika PSM mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 pada pekan kelima. Begitu pun dengan Ilham Udin Armaiyn yang keran golnya juga terhenti setelah menjadi penentu kemenangan PSM atas Persik.

Padahal, eks Timnas Indonesia U-19 itu sempat mencuri perhatian berkat golnya ke gawang Arema FC dan Madura United pada dua laga awal PSM musim ini.

"Sudah saatnya Jansen dan Ilham dievaluasi dan memberi kesempatan kepada pemain lain unjuk kemampuan sebagai starter," tegas Mirdan.

3 dari 5 halaman

Milo Pasang Badan

Milo pada berbagai kesempatan selalu pasang badan bila pemainnya mendapat kritikan. Menurutnya, pencapaian sementara PSM Makassar saat ini adalah kerja keras seluruh pemain.

"Saya juga tak ingin menyalahkan satu atau dua pemain bila PSM tampil tak optimal. Bagi saya, kalah atau menang adalah hasil yang harus dipikul bersama," tegas Milo.

Termasuk menjawab kritikan yang ditujukan ke Jansen. Di mata Milo, eks NAC Breda itu sudah berusaha tampil baik di setiap laga.

"Jansen hanya tidak beruntung ketika mendapatkan peluang. Ini tugas saya dan tim untuk membantunya kembali mencetak gol buat PSM," tambah Milo yang pernah menangani Persib Balikpapan, Madura United, dan Arema FC ini.

 

4 dari 5 halaman

Lima Laga Terakhir PSM

Hasil Pertandingan:

27/09/2021: PSM Makassar vs Barito 0-2

02/10/2021: PSM Makassar vs Persib 1-1

17/10/2021: PSM Makassar vs Bali united 2-1

22/10/2021: PSM Makassar vs Borneo FC 1-2

26/10/2021: PSM Makassar vs Persikabo 0-0

Dua Laga Lanjutan PSM Di Seri 2:

01/11/2021: PSM Makassar vs Persita

06/11/2021: PSM Makassar vs Bhayangkara FC

5 dari 5 halaman

Yuk Tengok Posisi PSM di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer