Sukses


Timnas Indonesia Effect! Elkan Baggott Kini Punya 1 Juta Followers, Klubnya Juga Ikut Meroket

Bola.com, Jakarta - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, kini memiliki 1 juta pengikut di Instagram. Klubnya, Ipswich Town, juga ikut terangkat.

Indonesia sejak lama memang dikenal memiliki masyarakat yang sangat menggilai sepak bola. Mereka bukan hanya gila dalam menyaksikan sepak bola langsung di stadion.

Namun, mereka juga kerap menunjukkan gairah serupa ketika di media sosial. Ipswich Town merasakan betul gairah besar dari para pecinta sepak bola Tanah Air.

Pada ajang Piala AFF 2020, Ipswich memiliki satu wakil. Sosok yang dimaksud adalah Elkan Baggott. Bek muda berusia 19 tahun yang memperkuat Timnas Indonesia di ajang tersebut.

Di sepanjang turnamen, Baggott memang tak melulu jadi starter. Namun, penampilannya cukup efektif ketika dimainkan mulai babak kedua.

Seperti yang terjadi di laga terakhir fase grup Piala AFF 2020. Elkan Baggott yang masuk sebagai pemain pengganti mampu mencetak satu gol lewat tandukan ke gawang Malaysia.

2 dari 3 halaman

Followers dan Engagement Naik

Ipswich Town mendapatkan dampaknya. Klub berlogo kuda itu kini memiliki follower Instagram terbanyak di antara klub League One atau kompetisi kasta ketiga di Inggris.

Hingga Jumat (7/1/2022) pengikut Ipswich di Instagram mencapai 108 ribu. Mereka unggul jauh dengan klub League One lain yang sebenarnya juga punya nama besar.

Sebut saja Bolton Wanderers yang punya 82,3 ribu pengikut di Instagram. Sementara itu Charlton Athletic yang sempat lama berlaga di Premier League bahkan baru punya 79 ribu pengikut di Instagram.

Kolom komentar di Instagram Ipswich pun kian ramai. Bahkan di unggahan yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya sama sekali mengenai Elkan Baggott atau Timnas Indonesia.

Misalnya dalam unggahan Ipswich mengenai manajer baru mereka, Kieran McKenna pada 20 Desember lalu. Ada cukup banyak netizen Indonesia yang ikut berkomentar dan memberikan likes.

Kondisi serupa juga terjadi di Twitter milik Ipswich Town. Apalagi saat mereka mengunggah video ketika Elkan Baggott mencetak gol ke gawang Malaysia pada 20 Desember 2021 yang lalu.

Saat itu, unggahan video di akun Twitter milik Ipswich itu mendapatkan 16 ribu likes. 4 ribu retweet dan 500 lebih replay yang mayoritas datang dari netizen Indonesia.

3 dari 3 halaman

Tembus Satu Juta

Elkan Baggott juga mendapatkan peningkatan followers yang sangat signifikan selepas gelaran Piala AFF 2020. Kini, pengikut Baggott di Instagram mencapai 1 juta.

Jumlah itu bahkan mengalahkan jumlah followers klubnya sendiri, Ipswich Town yang masih di angka seratusan ribu. Hal itu bisa jadi pertimbangan sendiri bagi klub yang akan merekrut Elkan Baggott.

Selain karena skill dan kemampuannya, jumlah pengikut di media sosial juga dianggap penting di era sepak bola saat ini. Followers yang banyak di media sosial bisa dimanfaatkan untuk lebih mengenalkan klub ke masyarakat yang lebih luas.

Video Populer

Foto Populer