Sukses


Arsenio Valpoort Belum Cetak Gol di BRI Liga 1, Pelatih Persebaya Pasang Badan

Bola.com, Denpasar - Striker asing Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort, sudah tampil dalam dua pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Tapi, belum ada gol yang disumbang oleh pemain asal Belanda itu.

Terbaru, Valpoort tampil saat Persebaya menang 2-1 atas PSM Makassar dalam pekan ke-19 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1/2022) malam. Penampilannya juga masih terlihat belum optimal.

Striker berusia 29 tahun sebenarnya mendapat sejumlah peluang penting untuk mencetak gol pertamanya. Satu di antaranya di menit ke-78 saat dia melepas tembakan melengkung yang sayangnya melambung di atas mistar PSM.

Kendati demikian, pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso membela striker yang baru direkrutnya untuk putaran kedua BRI Liga 1 ini. Termasuk peluang emas itu, Aji menilai ada sedikit yang kurang tepat dalam mengeksekusi kesempatan mencetak gol.

“Valpoort main bagus, sayang doronga bola terlalu kencang dalam keadaan lari full speed, tapi mendorong terlalu kencang. Tapi kalau doronganya sedikit lembut, saya yakin itu akan terjadi gol,” ujarnya.

“Saya mengapresiasi pemain ini belum pernah lama latihan dengan tim, hanya dua kali berlatih bersama tim dalam official training. Mudah-mudahan Arsen bisa lebih bagus,” imbuh pelatih asli Malang itu.

2 dari 4 halaman

Jam Terbang

Valpoort memulai laga ini dari bangku cadangan. Mantan striker Timnas Belanda itu baru masuk di menit ke-64 menggantikan Samsul Arif Munip. Sebelumnya, dia juga masuk setelah Samsul ditarik keluar di menit ke-66 saat menang 3-2 atas Persikabo 1973 (10/1/2022).

Artinya, Valpoort hanya mendapat tambahan dua menit waktu bermain. Total, dia baru membukukan 50 menit saja di atas lapangan dalam kompetisi BRI Liga 1.

“Saya ingin memberi jam terbang kepada Arsen untuk secepat mungkin beradaptasi. Ini tadi juga menitnya lebih banyak daripada kemarin,” ujar Aji Santoso.

Striker berdarah Suriname itu diharapkan bisa menjadi mesin gol andalan Persebaya Surabaya untuk putaran kedua. Sebab, sebelumnya Persebaya memiliki Jose Wilkson yang tak begitu lancar menyumbang hingga dipinjamkan ke Persela Lamongan.

3 dari 4 halaman

Perdana di ASEAN

Arsenio Valpoort belum pernah berkarier di Asia Tenggara. Dia merupakan pemain yang banyak menghabiskan karier di Belanda. Sejumlah klub yang pernah dibelanya adalah Heerenven, PEC Zwolle, RKC Waalwijk, hingga Almere City.

Di musim 2021, striker berusia 29 tahun itu tercatat membela tiga klub, yakni Ermis Aradippou (Siprus), Teuta Durres, dan Egnatia Rrogozhine (Albania). Bersama klub pertama dia mencetak dua gol dari 15 penampilan. Dari rekam jejaknya, Arsenio Valpoort tidak memiliki catatan yang gemilang.  

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer