Sukses


Shin Tae-yong, Pelatih yang Enggak Ribet dengan Kegiatan Luar Lapangan Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ternyata tidak terlalu ribet mengurusi kegiatan luar lapangan pemainnya selama Piala AFF 2020. Shin Tae-yong memberi kebebasan kepada pemainnya untuk mencari cara agar mengurangi kejenuhan selama jadwal padat turnamen.

Rahasia itu diungkapkan oleh Media Officer Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Bandung Saputra. Menurut Bandung, pelatih Shin Tae-yong memberi kebebasan kepada pemain untuk bermain PlayStation hingga gadget selama waktu luang setelah berlatih atau bertanding.

"Kalau hiburan biasanya ada yang bawa PS (PlayStation) dan video call. Main PS tidak apa-apa karena intinya begini, Timnas Indonesia senior itu kami tidak bisa melarang dan juga tidak bisa membebaskan," kata Bandung Saputra pada acara Warung Bola di Instagram Live Bola.com dan Bola.net, Senin (17/1/2022).

Kebebasan itu diberikan Shin Tae-yong karena sudah percaya kepada pemain-pemain Timnas Indonesia. Di usia yang sudah masuk kategori skuad senior, pemain Timnas disebut sudah tahu batasan terkait kegiatan di luar lapangan.

"Jadi, bijaksana aja termasuk sosmed. Pelatih juga memberi info kepada pemain untuk bijaklah bermain sosmed. Jadi, tidak dilarang dan tidak dibebaskan. Apalagi ini Timnas senior jadi mereka sudah tahu apa yang boleh dan dilarang," ucap Bandung Saputra.

Kebebasan yang diberikan di luar lapangan justru berdampak positif saat bertanding di Piala AFF 2020. Meskipun akhirnya skuad Timnas Indonesia gagal menjuarai Piala AFF 2020 setelah takluk dengan agregat 2-6 dari Thailand di partai puncak.

2 dari 3 halaman

Latihan dan Latihan

Skuad Timnas Indonesia juga disebut menjalani hari-hari yang berat selama Piala AFF 2020. Witan Sulaeman dkk disebut memiliki rutinitas harian berupa latihan dan bertanding.

Jadwal latihan dan pertandingan yang padat menjadi menu harian yang dilalui penggawa Timnas Indonesia. Kesibukan ini berlaku untuk semua pemain tanpa terkecuali.

"Pelatih Shin Tae-yong hampir setiap hari atau tiada hari tanpa latihan. Meskipun selesai bertanding, besoknya ada latihan recovery untuk pemain yang bertanding," kata Bandung Saputra.

"Bagi pemain yang tidak bertanding maka latihan normal seperti biasa. Menjelang final juga setiap hari ada latihan, meskipun intensitas tidak tinggi. Porsinya lebih ringan," ucap Bandung Saputra.

3 dari 3 halaman

Penghilang Stres

Bandung Saputra juga menyebut pemain Timnas Indonesia punya cara untuk menghilangkan stres selama jadwal padat di Piala AFF 2020. Caranya adalah dengan becanda dan tertawa bersama di sela-sela latihan.

"Anak-anak muda ini selalu becanda dan tertawa. Dengan begitu salah satu cara untuk menghilangkan stres," ucap Bandung Saputra.

"Bagaimana tidak stres, sebulan hidupnya di kamar, stadion, dan lapangan latihan. Di tambah sebelumnya kan kami pemusatan latihan sebulan di Turki jadi totalnya dua bulan," ujar Bandung.

Video Populer

Foto Populer