Sukses


Arsenio Valpoort Paceklik Cetak Gol di BRI Liga 1, Pelatih Persebaya Angkat Bicara

Bola.com, Denpasar - Striker Arsenio Valpoort masih belum menemukan ketajamannya untuk Persebaya Surabaya. Dia sudah tampil dalam empat laga BRI Liga 1 2021/2022, tapi belum ada gol yang lahir dicatatkan atas namanya.

Terbaru, pemain asal Belanda itu gagal mencetak gol lagi saat Persebaya menang 1-0 atas PSS Sleman, Sabtu (29/1/2022) malam. Gol tunggal laga itu dicetak oleh winger asal Jepang, Taisei Marukawa, pada menit ke-50.

Valpoort bukannya tanpa peluang dalam duel pekan ke-21 itu. Dia malah punya peluang emas untuk membobol gawang PSS muncul di menit ke-30.

Mulanya Taisei Marukawa melepas tendangan bebas yang terarah kepada Valpoort yang berada di kotak penalti, tepat di depan gawang PSS Sleman. Tidak siap menerima umpan, bola hanya mengenai paha Valpoort dan mudah diamankan Miswar Saputra.

Situas ini melahirkan tekanan terus untuk striker berdarah Suriname tersebut. Namun, pelatih Aji Santoso masih bersabar dan memasang badan membela striker yang baru direkrut Persebaya Surabaya untuk putaran kedua BRI Liga 1 tersebut.

“Arsenio masih belum bisa mencetak gol. Tetapi, menurut saya ini tadi tidak terlalu buruk, masih lumayan. Artinya dia bisa memberi tekanan. Tugas utama seorang striker seharusnya mencetak gol,” ungkap Aji.

“Saya masih harus bersabar menunggu Arsenio untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Meskipun dia tidak bisa mencetak gol, tetap yang patut kami syukuri, bersama Arsenio kami tetap mendapat tiga poin,” imbuhnya.

2 dari 4 halaman

Rekrutan Gagal?

Tak banyak yang bisa dilakukan Valpoort menghadapi PSS Sleman. Dia hanya membukukan masing-masing satu tembakan dan umpan kunci selama 70 menit bermain. Setelah itu, dia ditarik keluar diganti Dicky Kurniawan.

Arsenio Valpoort sebenarnya sangat diharapkan bisa menjadi mesin gol andalan Persebaya untuk putaran kedua BRI Liga 1. Sebab, sebelumnya Persebaya Surabaya memiliki Jose Wilkson yang tak begitu lancar menyumbang gol hingga kini telah dipinjamkan ke Persela Lamongan.

Mantan striker Timnas Belanda U-20 itu belum pernah berkarier di Asia Tenggara. Dia merupakan pemain yang banyak menghabiskan karier di Belanda. Sejumlah klub yang pernah dibelanya adalah Heerenven, PEC Zwolle, RKC Waalwijk, hingga Almere City.

Pada musim 2021, pemain berusia 29 tahun itu tercatat membela tiga klub, yakni Ermis Aradippou (Siprus), Teuta Durres, dan Egnatia Rrogozhine (Albania). Bersama klub pertama dia mencetak dua gol dari 15 penampilan. Dari rekam jejaknya, Valpoort tidak memiliki catatan yang gemilang. 

3 dari 4 halaman

Rapor Buruk

Catatan itu rupanya masih berlanjut di Indonesia memantik reaksi dari suporter Persebaya yang mempertanyakan kemampuan Arsenio Valpoort. 

Tanpa Valpoort yang mencetak gol, Persebaya masih beruntung memiliki sosok Samsul Arif. Nama satu ini merupakan striker lokal yang berpengalaman dan telah menemukan lagi ketajamannya di depan gawang lawan. Masih ada Marukawa yang juga rajin mencetak gol.

Beruntung, Persebaya masih bisa bertahan di papan atas klasemen sementara BRI Liga 1. Bajul Ijo kini menghuni peringkat keempat (42 poin), berada di bawah Arema FC (44), Persib Bandung (43), dan Bhayangkara FC (43).

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer