Sukses


BRI Liga 1: Jarang dapat Suplai Bola, Arsenio Valpoort Kehilangan Kepercayaan dari Rekannya di atas Lapangan?

Bola.com, Denpasar - Striker asing Arsenio Valpoort hanya tampil 10 menit saat Persebaya Surabaya berjumpa Persiraja Banda Aceh. Dia baru masuk di menit ke-80 mengganti Samsul Arif dalam laga pekan ke-26 BRI Liga 1 2021/2022 tersebut, Sabtu (19/2/2022).

Selama hanya 10 menit di lapangan, tak ada tembakan yang lahir dari Arsenio Valpoort. Menariknya, ada satu peristiwa yang melibatkan pemain asal Belanda itu. Valpoort tidak mendapat umpan meski dalam posisi terbuka untuk mencetak gol.

Itu terjadi di menit ke-84. Mulanya, Taisei Marukawa mengirim umpan terobosan kepada Marselino Ferdinan yang berada di kotak penalti lawan. Di sisi kiri, terdapat Arsenio Valpoort yang dalam posisi lebih baik untuk membobol gawang lawan.

Tapi, Marselino memutuskan tidak mengumpan bola. Dia memilih melepas tembakan sendiri dari jarak dekat ke gawang dan bola bisa diblok kiper Aji Bayu Putra. Marselino seolah ingin menunjukkan bahwa dia tak percaya kepada Valpoort.

Sisanya, mantan striker Timnas Belanda itu hanya berlari saja di atas lapangan. Tak ada kontribusi apapun. Apakah ini menjadi pertanda bahwa para pemain Persebaya mulai kehilangan kepercayaan kepada Arsenio Valpoort?

“Oh bukan. Kalau tidak percaya, tidak ada itu. Itu suatu pertanyaan yang menurut saya tidak berkualitas pertanyaannya,” bantah Aji Santoso, pelatih Persebaya, membela Arsenio Valpoort.

 

 

2 dari 4 halaman

Sia-siakan Peluang

Wajar saja sebenarnya jika para pemain Persebaya mulai kehilangan kepercayaan kepada Valpoort. Sebab, pemain berdarah Suriname itu kerap membuang peluang emas mencetak gol saat mendapat umpan matang di depan gawang lawan.

Arsenio Valpoort tercatat hanya mencetak sebiji gol dari tujuh penampilan di BRI Liga 1. Kontribusinya tentu sangat di luar harapan karena striker asing seharusnya bisa diandalkan sebagai mesin gol.

“Saya sudah bilang ke Marsel. Dia sebenarnya kalau melakukan tembakan itu peluang golnya 75 persen, tetapi kalau diumpan ke Valpoort, kondisinya seratus persen,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

“Kita tahu, mungkin jaraknya sudah dekat dan perlu Marsel banyak belajar. Ini pengalaman bagus, kalau ada peluang-peluang seperti itu lagi harus dimanfaatkan atau diumpankan. Bagi saya tidak ada masalah. Yang terpenting dapat tiga poin,” imbuh Aji Santoso.

3 dari 4 halaman

Kalah Moncer

Catatan statistik Arsenio Valpoort sangat jauh dibanding winger asing Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang itu malah jadi andalan dalam membobol gawang dengan sudah mencetak 14 gol dan sembilan assist.

Beruntung, Persebaya tetap bisa menang dengan skor tipis 1-0 atas Persiraja dalam pertandingan ini. Gol tunggal dicetak oleh winger Bruno Moreira lewat eksekusi penalti pada menit ke-62.

Persebaya kini sedang bersiap melakoni partai panas bertajuk Derbi Jatim melawan sang rival abadi, Arema FC. Duel pekan ke-27 BRI Liga 1 akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (23/2/2022) malam.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer