Sukses


BRI Liga 1: Arsenio Valpoort Hanya Duduk di Bangku Cadangan Saat Persebaya Hadapi Persita, Sudah Tidak Dipercaya?

Bola.com, Gianyar - Striker asing Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort, tidak mendapatkan menit bermain ketika menghadapi Persita Tangerang dalam laga pekan ke-29 BRI Liga 1 2021/2022, Minggu (6/3/2022) malam. Padahal Valpoort ada di dalam daftar susunan pemain yang pada akhirnya hanya duduk di bangku cadangan hingga pertandingan berakhir.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar itu, pemain berpaspor Belanda itu tak mendapat kesempatan bertanding sama sekali. Tentu ini menimbulkan tanda tanya, apakah jajaran pelatih Persebaya Surabaya mulai kehilangan kepercayaan terhadapnya?

"Kenapa kami tidak memasukkan Valpoort? Karena kami berharap dengan second striker yang muncul dari belakang bisa membuat gol," ujar Mustaqim, asisten pelatih Persebaya, memberikan penjelasan.

Persebaya memilih menurunkan Samsul Arif sejak menit pertama. Striker gaek berusia 37 tahun itu memang lebih tajam dibandingkan Valpoort. Samsul diharapkan bisa membuat permainan Persebaya Surabaya lebih agresif.

2 dari 4 halaman

Memilih Pemain Lain

Samsul kemudian ditarik keluar pada menit ke-61. Tapi, bukan Valpoort yang menggantikannya, melainkan winger muda Mochammad Supriadi. Hal ini tentu saja menimbulkan tanda tanya karena tidak ada striker di komposisi pemain Persebaya Surabaya.

Bruno Moreira rupanya dipasang sebagai ujung tombak serangan Persebaya Surabaya dalam sisa waktu pertandingan. Sayangnya, itu pun tidak ada gol yang tercipta setelah Samsul ditarik keluar hingga laga berakhir.

"Kami berharap kepada striker yang mobilitasnya tinggi. Harapannya supaya terbuka pertahanan Persita yang bermain dengan compact defence bagus dan disiplin. Itu membuat kami kesulitan," imbuh Mustaqim.

3 dari 4 halaman

Wajar jika Dikesampingkan

Keputusan mencadangkan Arsenio Valpoort sebenarnya bukan hal yang aneh. Striker berusia 29 tahun ini gagal memenuhi ekspektasi sejak bergabung dengan Persebaya Surabaya di putaran kedua BRI Liga 1.

Dia kerap membuang peluang emas hasil umpan matang rekan-rekannya. Valpoort juga tercatat hanya mampu mencetak sebiji gol dari sembilan penampilan bersama Persebaya.

Duel ini sendiri berakhir dengan skor 1-1. Persita mampu unggul lebih dulu dalam laga ini lewat gol yang dicetak Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-40, yang dibalas Persebaya berkat aksi winger Taisei Marukawa memasuki menit ke-45.

Hasil ini masih membuat Persebaya tetap berada di peringkat kelima dengan 55 poin dari 29 pertandingan. Berikutnya, Persebaya akan berjumpa dengan Persik Kediri dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (10/3/2022).

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer