Sukses


5 Pemain Muda yang Mengesankan di BRI Liga 1 dan Layak Membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 telah menjadi wadah dari perkembangan pemain muda di Indonesia. Itu dibuktikan dengan banyaknya pemain-pemain muda yang mentas di kompetisi elite Tanah Air.

Klub-klub peserta di BRI Liga 1 berlomba-lomba menggunakan jasa pemain muda. Pada kenyataannya, para pemain muda yang diberi kesempatan debut dan bermain mampu menunjukkan penampilan ciamik.

Statistik di BRI Liga 1 mencatat pemain termuda yang mentas musim ini adalah Dony Pamungkas asal Persija Jakarta. Dony Pamungkas mencatatkan debut pada usia 16 tahun 8 bulan 17 hari saat tampil menghadapi Persita Tangerang (28/9/2021).

Melimpahnya pemain muda tentu menjadi kabar baik buat pelatih Shin Tae-yong. Para pemain muda bisa dipromosikan untuk bermain di SEA Games 2021. Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di turnamen tersebut dibebani target medali emas.

Target yang sudah wajar karena Indonesia sudah lama tidak meraih medali emas SEA Games. Terakhir, cabang olahraga sepak bola menyumbang emas SEA Games 1991 atau 30 tahun silam.

Lantas, siapa saja pemain muda yang tampil mengesankan di BRI Liga 1 2021/2022 dan layak dipanggil membela Timnas Indonesia U-23 SEA Games 2021? Berikut ini nama-namanya.

2 dari 6 halaman

Ernando Ari

Ernando Ari merupakan kiper masa depan Timnas Indonesia. Itu dibuktikan dengan penampilan mengesankan bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1.

Sejauh ini, kiper berusia 20 tahun itu telah mencatatkan 18 penampilan di BRI Liga. Hebatnya, Ernando Ari sukses mencatatkan delapan clean sheet.

Ernando Ari dikenal sebagai kiper dengan kemampuan membaca arah bola yang baik dan didukung postur tubuh tinggi. Kehadirannya di Timnas Indonesia U-23 bisa membantu untuk meraih medali emas SEA Games 2021.

3 dari 6 halaman

Muhammad Ferarri

Muhammad Ferarri tampil mengesankan bersama Persija Jakarta di BRI Liga 1 2021/2022. Meskipun baru berusia 18 tahun, namun Muhammad Ferarri tercatat sering mendapatkan kesempatan bermain.

Muhammad Ferarri bermain sebagai bek tengah. Usia tak menjadi penghalang buat Muhammad Ferarri dalam mengeluarkan penampilan terbaik di jantung pertahanan Persija.

Muhammad Ferarri sejauh ini sudah mengemas tujuh pertandingan di BRI Liga 1. Pelatih Shin Tae-yong layak memberikan kesempatan kepada Muhammad Ferarri untuk tampil di SEA Games 2021.

4 dari 6 halaman

Alfriyanto Nico

Alfriyanto Nico digadang-gadang sebagai aset masa depan sepak bola Indonesia. Alfriyanto Nico masih berusia 18 tahun, namun sudah mampu tampil mengesankan di Persija Jakarta.

Alfriyanto Nico sering memenangi persaingan dengan sejumlah pemain senior di Persija, semisal Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay. Alfriyanto Nico dikenal sebagai pemain yang punya kelincahan dan bisa diandalkan mencetak gol.

Bersama Persija, Alfriyanto Nico musim ini sudah mengemas 18 penampilan dan sukses mencetak tiga gol. Alfriyanto Nico bisa menjadi pilihan pelatih Shin Tae-yong untuk bisa membantu Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2021.

5 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan tampil mengesankan bersama Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021/2022. Pemain berusia 17 tahun itu sejauh ini sudah mengemas empat gol dan tujuh assist dalam 23 laga yang dimainkan.

Marselino merupakan pemain yang bisa diandalkan sebagai motor serangan. Selain itu, kemampuan individu yang gemilang membuat pemain Persebaya Surabaya itu bisa memberikan umpan-umpan cantik.

Penampilan apik Marselino Ferdinan membuatnya sukses menembus Timnas Indonesia senior. Pelatih Shin Tae-yong diyakini akan mengandalkannya pada SEA Games 2021.

6 dari 6 halaman

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh mendapatkan kepercayaan melakoni debut profesional di Madura United pada usia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari. Penampilan apiknya itu mampu membuat pelatih Timnas Indonesia terkesan.

Meskipun masih berusia belia, namun Ronaldo Kwateh punya kemampuan yang mumpuni. Bermain di sektor sayap kanan, putra Roberto Kwateh itu punya kecepatan berlari yang baik.

Kelebihan itu dipadukan dengan kepercayaan diri dalam mengolah bola. Ronaldo Kwateh juga dikenal memiliki operan dan umpan yang baik sehingga bisa dimaksimalkan para penyerang.

Video Populer

Foto Populer