Sukses


Persija Kental Nuansa Eropa di BRI Liga 1, Yakin Juara?

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta benar-benar membuat kejutan pada jelang bergulirnya musim baru BRI Liga 1 2022/2023. Klub ibu kota menunjukkan kelasnya dengan kehadiran pemain-pemain berkualitas dari Eropa.

Semuanya berawal dari penunjukkan Thomas Doll sebagai pelatih kepala yang dilakukan Persija Jakarta pada 23 April 2022. Penunjukkan itu membuat publik geger mengingat catatan karier yang pernah dimiliki sang pelatih asal Jerman.

"Awalnya saya tidak mengetahui Persija, namun mencoba untuk mencari tahu. Saya berbincang dengan manajemennya dan mereka menunjukkan ketertarikan yang serius. Mereka ingin membuat Persija menjadi sukses," tegas pelatih berusia 56 tahun itu.

Thomas Doll datang dengan membawa CV bukan kaleng-kaleng. Doll tercatat pernah menukangi tiga klub elite Bundesliga yakni Hamburger SV, Borussia Dortmund, dan Hannover 96.

Thomas Doll juga pernah berkarier di Arab Saudi bersama Al Hilal dan Siprus bersama APOEL Nicosia. Dengan sederet pengalaman yang dimiliki, wajar bila Persija menaruh ekspektasi tinggi pada Thomas Doll.

Tantangan itu pun akhirnya dipenuhi Thomas Doll yang langsung bergerak mencari pemain berkualitas. Semuanya dilakukan untuk bisa mendukung skenarionya dalam mengembalikan kejayaan Persija Jakarta di Indonesia.

2 dari 5 halaman

Duo Elite Ceska

Persija Jakarta asuhan Thomas Doll kemudian membuat dua kejutan pada Juni 2022. Tak tanggung-tangguh, Persija mampu mendatangkan dua pemain elite asal Ceska.

Mereka adalah Ondrej Kudela dan Michael Krmencik. Kedua pemain tersebut tercatat pernah dan masih membela Timnas Ceska.

Pengaruh Doll diyakini mampu meyakinkan Ondrej Kudela dan Michael Krmencik untuk bergabung dengan Persija. Penyebabnya adalah secara kualitas dan usia sebenarnya Ondrej Kudela dan Michael Krmencik masih bisa bersaing di Eropa.

Ondrej Kudela datang dengan pengalaman pernah membela Mlada Boleslav hingga Slavia Prague. Pemain berusia 35 tahun itu merupakan bek tengah yang tangguh dan punya keunggulan tinggi mencapai 182 cm.

Sementara itu, rapor Michael Krmencik juga tak kalah gemilang. Michael Krmencik pernah membela Viktoria Plzen, Club Burgge, hingga Slavia Prague. Michael Krmencik masih aktif membela Timnas Ceksa dan merupakan alumni Piala Eropa 2020.

3 dari 5 halaman

Bidik Jebolan Bundesliga

Persija Jakarta masih mencari dua pemain lain untuk melengkapi slot pemain asing. Teranyar, klub ibu kota itu disebut telah mencapai kesepakatan untuk merekrut eks jebolan Bundesliga asal Jerman yakni Hanno Behrens.

Persija Jakarta disebut menebus Hanno Behrens seharga 200 ribu euro (Rp3,124 miliar) karena masih terikat kontrak setahun lagi di FC Hansa Rostock. Hanno Behrens nantinya akan menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun bersama Persija Jakarta.

Hanno Behrens merupakan pemain dengan pengalaman panjang di sepak bola Jerman. Hanno Behrens mengawali kariernya bersama Hamburger SV II pada 2018.

Setelah itu, Hanno Behrens bergabung dengan Darmstadt 98 pada 2012. Karier Hanno Behrens kemudian meningkat saat membela FC Nurnberg.

Pencapaian tertingginya adalah bermain di Bundesliga 2018-2019 bersama FC Nurnberg. Hanno Behrens tercatat mengoleksi 181 penampilan dan mencetak 30 gol untuk FC Nurnberg.

4 dari 5 halaman

Full Kulit Putih?

Persija diyakini akan memberikan slot pemain asing Asia pada pemain Australia. Awalnya, Persija disebut memburu jasa Tom Rogic.

Namun, rencana tersebut gagal karena tawaran yang diajukan Persija tak mampu menarik perhatian Tom Rogic. Persija kabarnya beralih pada pemain Australia lain yakni Brandon Borrello.

Melihat perjalanan karier Brandon Borrello, Thomas Doll tentu punya alasan khusus. Brandon Borrello pernah bermain di Bundesliga bersama FC Kaiserslautern.

Brandon Borrello juga merupakan pemain Timnas Australia. Saat ini, pemain berusia tercatat masih membela klub Bundesliga 2 yakni Dynamo Dresden.

Bila perekrutan Brandon Borrello berhasil, maka dipastikan Persija memiliki semua pemain asing berkulit putih. Menarik untuk menantikan kejutan yang akan dilakukan pelatih Thomas Doll di Persija.

5 dari 5 halaman

Enggan Sesumbar

Melihat daftar pemain asing dan skenario yang dilakukan Persija Jakarta membuat mereka layak dijadikan favorit. Materi pemain asing dan lokal yang berkualitas bakal menjadikan Persija sebagai tim tangguh di BRI Liga 1 2022/2023.

Namun, pelatih Thomas Doll sedari awal sudah memperingatkan akan hal tersebut. Thomas Doll menegaskan, masih butuh waktu di Indonesia sehingga belum bisa memberikan garansi akan membantu Persija juara pada musim perdana.

"Kami harus banyak bekerja. Dibandingkan banyak berbicara, tetap kerja keras yang terpenting. Saya tidak akan banyak sesumbar kami juara atau kami yang terbaik di Asia," kata Thomas Doll.

"Sebab, akhirnya itu hanya sebuah kata-kata. Yang bisa saya janjikan adalah kami dan para pemain akan berjuang semaksimal mungkin untuk klub ini," tegas pelatih asal Jerman itu. 

Video Populer

Foto Populer